10 Makanan Awet Muda Ini Bikin Wajah Glowing dan Bebas Kerutan

Foto: Ilustrasi

Detik Kabar -- Siapa tak mau awet muda? Pria maupun wanita terlihat lebih menarik saat wajah mereka glowing dan bebas kerutan. Untuk mendapatkannya, coba konsumsi makanan awet muda ini.

Tak bisa dipungkiri, pertambahan usia membuat kondisi kulit wajah seseorang menurun. Belum lagi jika ditambah paparan sinar matahari yang berbahaya dan terpaan stress yang membuat kulit semakin cepat tua.

Untuk mengatasinya, ada beberapa makanan awet muda yang bagus dikonsumsi rutin. Makanan ini mengandung sejumlah nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan kulit.

Salah satunya antioksidan kuat yang mampu melawan radikal bebas dan tanda-tanda penuaan. Makanan awet muda ini terbilang mudah didapat dan rasanya enak.

Mengutip Healthline (3/9), berikut 10makanan awet muda yang bikin wajah glowing dan bebas kerutan:

1. Teh hijau

Teh hijau tinggi kandungan antioksidan yang berperan penting melawan radikal bebas. Hal ini penting untuk mengurangi tanda-tanda penuaan yang salah satunya dipicu stress.

Teh hijau juga mengandung antioksidan polifenol yang bantu melindungi kolagen, jenis protein utama di kulit. Sebuah penelitian bahkan membuktikan partisipan yang kulitnya rusak karena paparan sinar matahari memiliki elastisitas kulit yang membaik setelah 8 minggu diberi krim teh hijau dan minum suplemen teh hijau.

2. Salmon

Makanan awet muda selanjutnya adalah ikan berlemak atau ikan tinggi omega 3 yang juga baik untuk kesehatan jantung. Jenis ikan ini antara lain salmon, mackerel, dan herring.

Salmon bahkan disebut peneliti memiliki komponen tambahan yang bisa membuat kulit terlihat awet muda. Salmon mengandung antioksidan karotenoid bernama astaxanthin yang membuat warna ikan ini pink. Pada manusia, astaxanthin mampu meningkatkan elastisitas kulit sekaligus menghidrasinya.

3. Dark chocolate

Menyebut camilan sehat, banyak orang langsung terbayang dark chocolate. Jenis cokelat ini ternyata bisa bikin seseorang awet muda. Hal ini karena antioksidan yang sangat ampuh di dalamnya, bahkan lebih ampuh dari antioksidan pada buah berry.

Flavonoid pada dark chocolate bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Manfaat lainnya adalah meningkatkan hidrasi kulit, tekstur, dan kelembutannya. Pilih dark chocolate dengan cocoa yang tinggi, minimal 70% untuk manfaat maksimal.

4. Wortel dan ubi

Makanan awet muda selanjutnya adalah sayuran. Konsumsi banyak sayuran, terutama yang tinggi beta karoten, mampu melindungi kulit dari radiasi matahari dan radikal bebas yang sebabkan penuaan.

Beberapa sayuran terbaik untuk manfaat awet muda adalah wortel, labu, dan ubi. Konsumsi juga sayuran tinggi vitamin C untuk mendukung produksi kolagen. Jenis sayuran ini antara lain sayuran berdaun hijau, paprika, tomat, dan brokoli.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun extra virgin (EVOO) adalah salah satu jenis lemak paling sehat di dunia. Peneliti telah melihat konsumsi EVOO mampu mencegah berbagai penyakit terkait bertambahnya usia.

Selain itu, konsumsi EVOO membantu kulit terlihat lebih muda dan elastis. Bahkan EVOO bantu kerusakan kulit yang parah terkait sinar matahari.

6. Delima

Makanan awet muda ini terkenal sebagai buah tinggi antioksidan. Delima bantu memperbaiki kerusakan kulit yang sudah ada sekaligus melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari.

Peneliti juga menemukan beberapa bagian dalam delima bisa 'bekerja sama' dalam hal memperbaiki kerusakan kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

7. Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh. Alpukat mengandung senyawa unik bernama alkohol lemak poli hidroksilasi. Senyawa ini mampu melindungi kulit dari sinar matahari dan bantu memperbaiki DNA yang rusak.

Selain itu, kandungan lemak tak jenuh tunggal pada alpukat dan antioksidan lutein serta zeaxanthin mampu memberikan perlindungan tambahan pada kulit.

8. Tomat

Makanan awet muda ini sudah terkenal akan manfaat sehatnya untuk kulit. Tomat tinggi kandungan likopen yang bisa mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Manfaat lain dari tomat adalah bantu mengurangi kerutan di wajah. Konsumsi tomat dengan cara dimasak bersama minyak zaitun supaya penyerapan likopennya lebih maksimal.

9. Rempah

Fungsi rempah bukan hanya menambah cita rasa makanan, melainkan juga membuat kulit terlihat lebih awet muda. Kayu manis, misalnya, ampuh mendorong produksi kolagen yang bisa membuat kulit lebih kencang sekaligus kenyal.

Kemudian capsaicin pada cabai bisa mengurangi perubahan terkait penuaan pada sel-sel kulit. Dan gingerol pada jahe bisa mengurangi noda-noda hitam pada wajah karena paparan sinar matahari.

10. Kaldu tulang

Satu lagi makanan awet muda yang bagus dikonsumsi rutin. Kaldu tulang bisa dibuat dari daging sapi, ayam, dan bahkan ikan. Kolagen di dalam kaldu tulang diyakini mampu mengurangi tanda-tanda penuaan.

Saat dimasak, kolagen berubah menjadi gelatin yang kaya asam amino. Tubuh lantas bisa menyerap asam amino tersebut dan menggunakannya untuk produksi kolagen yang baru di kulit.


Sumber: https://food.detik.com/info-sehat/d-5710132/10-makanan-awet-muda-ini-bikin-wajah-glowing-dan-bebas-kerutan?tag_from=wpm_nhl_14

LihatTutupKomentar