Pria Paruh Baya Nekat Bakar Rumahnya Sendiri, Kini Dirawat di RS Karena Babak Belur Diamuk Massa


Foto: Ilustrasi kebakaran 

Detik Kabar - Seorang pria bernama R Mono (55) di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan nekat membakar rumahnya sendiri.

Setelah melakukan aksinya, ia lalu teriak minta tolong.

Warga kemudian berusaha memadamkan api yang sudah terlanjur membesar.

Saat api padam, warga malah menghajar R Mono hingga babak belur.

Diketahui, pria paruh baya itu nekat membakar rumahnya lantaran mengalami gangguan jiwa.

Peristiwa ini terjadi di Gang Tawakal RT 04 Kelurahan Wira Karya Kecamatan Lubuklinggau Timur II, Jumat (20/8/2021) sekira pukul 02.30 WIB dinihari.

Seusai membakar rumahnya pelaku langsung berteriak minta tolong kepada warga setempat.

Para tetangganya yang kaget mendengar orang berteriak langsung keluar rumah, ketika mereka keluar melihat api sudah besar.

"Keluar karena dengar orang teriak seperti mau berantem, saat keluar api sudah besar," kata Laras (18 tahun) keponakan pelaku yang tinggal di belakang rumahnya.

Kemudian warga sekitar langsung berupaya memadamkan api, beruntung api dengan cepat dipadamkan sehingga tidak merembet ke rumah warga lainnya.

Seusai memadamkan api, warga yang kesal langsung menghakimi pelaku hingga membuat pelaku harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka di bagian kepala.


Foto: Deri dan Rajab tetangga pelaku saat menunjuk kondisi rumah pelaku di RT 04 Kelurahan Wira Karya Kecamatan Lubuklinggau Timur II, Jumat (20/8/2021) (TRIBUNSUMSEL.COM/EKO)

Menurut Laras, pamannya itu memang mengalami gangguan jiwa, awal tahun lalu pamannya sempat ingin dihakimi masa karena merusak warung tetangganya.

Sebelum mengalami gangguan jiwa, kata Laras pamannya itu bekerja sebagai kenek mobil truk.

"Gilanya ini kumat-kumatan kadang sehat, kadang kambuh, kalau kambuh sering teriak-teriak, gilanya baru-baru inilah," ungkapnya.

Ketua RT 02 Kelurahan Wira Karya mengatakan untuk sementara pelaku dirawat di Rumah Sakit RS Dr Sobirin karena mengalami luka di kepala dan sampai kondisinya benar-benar stabil.

"Sekarang masih di rumah sakit, kita sekarang baru mau rapat membahas ini (pelaku), karena para tetangganya banyak yang kesal ulah pelaku," ujarnya.

Ia menambahkan untuk rumah yang terbakar diduga karena sengaja dibakar pelaku, karena diketahui akhir-akhir ini pelaku kondisi kejiwaannya sedang tidak stabil.

"Kondisinya tidak stabil akhir-akhir ini, sering ngancam juga, pernah ngerusak warung, bisa dibilang gila," ungkapnya.

TribunSumsel.com dengan judul Pria di Lubuklinggau Bakar Rumah Sendiri Lalu Teriak Minta Tolong, Kini Dirawat di RS

LihatTutupKomentar