Detik-detik 4 Polisi Kena Tembak KKB Papua
Foto: Mobil Polisi ditembaki KKB Papua. (Viva/aman Hasibuan (Papua)

Detik Kabar – Aparat keamanan dari Satgas Nemangkawi melakukan penyisiran dan pengamanan terhadap karyawan PT. Indo Papua yang masih berada di Camp Kali Yegi Jalan Trans Papua Dekai, Kabupaten Yahukimo ke Kenyam Nduga.

Penyisiran dan pengamanan terhadap karyawan itu dilakukan pasca pembunuhan dua orang karyawan PT Indo Papua Minggu kemarin.

“Personel Satgas Nemangkawi menggunakan 1 unit mobil Hilux singgah di PT Indo Papua guna mengecek dan membantu evakuasi barang-barang  milik kariawan untuk diamankan di tempat pengungsian,”kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs Ahmad Musthofa Kamal, SH, Senin, 23 Agustus 2021.


Ia mengatakan, personel gabungan bergeser melanjutkan perjalanan menuju ke lokasi kejadian, saat diperjalanan personel Satgas Nemangkawi menghadang 1 unit mobil yang mencurigakan yang menuju ke arah Kota, kemudian melakukan pemeriksaan terhadap mobil tersebut dan di temukan 3 HP yang akan diselidiki lebih lanjut di Sat Reskrim Polres Yahukimo. 

Kamal menyebutkan, setelah anggota  tiba di TKP Jembatan Kali Braza rombongan ditembaki dari arah bukit seberang Kali Brazza personel Satgas Nemangkawi membalas tembakan. 

“Personel Satgas Nemangkawi ditembaki dari arah sebelah kanan tepatnya di pertigaan jalan Trans Papua Dekai Yahukimo-Tanah Merah.  Anggota pun membalas tembakan, dan tidak ada balasan tembakan dari KKB,”ujarnya.


Kemudian anggota melanjutkan perjalanan 100 meter dan menemukan 1 pohon yang melintang di jalan serta 1 unit motor honda tanpa nomor Polisi. Selanjutnya personel memotong kayu dengan senso untuk membuka Jalan dan melanjutkan Perjalan. 

Ia katakan, setelah anggota tiba di Kampung Kali Bele langsung melakukan pengecekan di kampung tersebut dan melanjutkan perjalanan ke Camp Kali Yegi untuk mencari Karyawan PT. Indo Papua yang masih berada di Camp tersebut.

“Di lokasi camp aparat membunyikan sirine dengan maksud karyawan keluar dari persumbunyian apabila Karyawan bersembunyi di hutan karena di camp tidak ditemukan adanya Karyawan PT.Indo Papua,” jelas Kamal.

Kamal mengatakan, setelah melakukan pengecekan, anggota kembali bergerak ke arah Kota. Namun dalam perjalanan kembali terjadi kontak tembak sekitar 50 meter dari Kali Bele menuju arah kota  sekitar 30 menit.

“Saat kontak tembak personel berusaha bergerak maju namun terhalang oleh 6 pohon yang di tebang oleh KKB Wilayah Yahukimo,”

Dalam kontak tembak tersebut Identitas empat anggota polisi mengalami luka yakini  AKP I Putu Edi Wirawan (Terkena Lekosit di Leher), Iptu Arif Rahman (Terkena Tembak di helem), Bripka Irwan (terkena Lekosit di Kaki Kanan) dan Bharatu Nimrot (Terkena Lekosit di Tangan Kanan)

Kamal mengungkapkan, saat ini anggota yang mengalami luka tembak telah mendapatkan perawatan medis.

Sementara  karyawan PT. Indo Papua yang telah menyelamatkan diri pinggir Kali Braza di rumah warga setempat. Para karyawan tersebut ditemukan sekitar 500 meter dari Camp Induk PT. Indo Papua, dan telah berada Mapolres Yahukimo.  

Kamal menegaskan, personel gabungan akan terus melakukan tindak tegas terhadap kelompok-kelompok yang mengganggu stabilitas keamanan di Papua. 


Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1398091-detik-detik-4-polisi-kena-tembak-kkb-papua?utm_source=section=terpopuler&utm_medium=articles&utm_campaign=Terpopuler

LihatTutupKomentar