Begini Kronologis Tiga Anggota DPRA Adu Jotos, Disela-sela Rapat Paripurna, Dipicu Interupsi


Foto: Tangkapan layar rekaman video perkelahian anggota DPRA yang viral di media sosial 

Informasi insiden antar tiga Anggota DPRA itu awalnya diketahui dari salah satu akun Instagram yang memosting kejadian tersebut.

Detik Kabar, BANDA ACEH - Sebuah insiden terjadi disela-sela rapat Paripurna DPRA tentang penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi terhadap Rancangan Qanun terkait Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja (APBA) Tahun 2020 di gedung utama DPRA.

Peristiwa ini terjadi, Jumat (20/8/2021) malam.

Informasi insiden antar tiga Anggota DPRA itu awalnya diketahui Serambinews.com dari salah satu akun Instagram yang memosting kejadian tersebut.

Dikonfirmasi ke beberapa pihak ternyata insiden itu benar adanya.

Insiden itu terjadi di parkir belakang dekat musalla belakang kompleks DPRA. Disebut-sebut, tiga Anggota DPRA saling adu jotos.

Mereka adalah Tantawi dari Partai Demokrat dengan Safirizal Gamgam PNA dan Zulfadli dari PA.

Informasi yang dihimpun, Safrizal membogem Tantawi saat rapat paripurna itu diskors sekira pukul 23.00 WIB tadi malam.

Anggota DPRA dari PNA, Falevi Kirani membenarkan informasi kejadian itu. Namun, Ia sendiri tidak terlalu detail mengetahui bagaimana kronologis kejadian sebenarnya.

Namun Falevi menjelaskan, kejadian itu buntut dari interupsi yang dilakukan Tantawi saat Tu Haidar menyampaikan pendapat akhir Fraksi PNA.

"PNA diinterupsi. Kemudian saya jawab, saya interupsi juga, saya bilang kalau giliran Demokrat kami tidak menginterupsi," kata Falevi.

Falevi sendiri menganggap persoalan itu selesai saat PNA selesai membaca pendapat akhir.

"Rupanya ini berlanjut, entah bagaimana kejadian di luar, saya sudah naik ke atas. Tiba-tiba katanya udah kena bogem (Tantawi)," pungkas Falevi. 

Wakil Ketua DPRA juga benarkan informasi itu

Sebelumnya, Serambinews.com memberitakan tiga anggota DPRA terlibat adu jotos disela-sela rapat paripurna Raqan Pertanggungjawaban APBA 2020, Jumat (20/8/2031) malam. 

Mereka adalah Safrizal Gam-gam (PNA), Zulfadli alias Abang (Partai Aceh), dengan Tantawi anggota DPRA dari Demokrat. 

Dari informasi yang dihimpun Serambinews.com, kejadian itu terjadi diparkiran di belakang Gedung Utama DPRA atau depan mushala DPRA.

Peristiwa tersebut saat sidang paripurna diskor sementara setelah semua fraksi menyampaikan pandangan akhir fraksi atas raqan pertanggungjawaban APBA 2020. 

Menurut sumber Serambinews.com, peristiwa itu bermula Tantawi menyampaikan interupsi saat Fraksi PNA menyampaikan pandangan akhir fraksi yang dibacakan oleh Tgk Haidar M Amin.

Interupsi itu bermaksud agar Tgk Haidar mempercepat penyampaian pandangan fraksi karena masih ada satu fraksi lagi yang belum mendapat giliran yaitu PKS. 

Namun setelah semua fraksi menyampaikan pandangan akhir, sidang yang dipimpin Ketua DPRA, Dahlan Jamaluddin diskor sementara.

Saat itulah terjadi perkelahian antara Safrizal Gam-gam dan Zulfadli dengan Tantawi. 

Aksi itu kemudian diredakan oleh anggota DPRA lainnya. Kejadian itu sempat viral dimedia sosial.

Wakil Ketua DPRA, Safaruddin membenarkan informasi kejadian itu.

Ia mengatakan para pihak yang bertikai sudah didamaikan tadi malam juga. "Sudah damai," katanya. (*)


Sumber: https://aceh.tribunnews.com/2021/08/21/begini-kronologis-tiga-anggota-dpra-adu-jotos-disela-sela-rapat-paripurna-dipicu-interupsi

LihatTutupKomentar