Ajaib! Balita Masak di Dapur, Petik Bayam sampai Menyapu, Orang Tua Jelaskan Penyebabnya
Foto: Video balita membantu ibu memasak di dapur diunggah oleh pengguna TikTok eizy_amanda, pada hari Senin (26/7/2021). (TikTok / @ eizy_amanda)

Detik Kabar, KUALA LUMPUR - Balita masak di dapur bantu petik bayam sampai menyapu di dapur mendapat perhatian dari pengguna medsos karena aksinya yang tidak biasa dilakukan balita seusianya.

Video balita membantu ibu memasak di dapur diunggah oleh pengguna TikTok eizy_amanda, pada hari Senin (26/7/2021).

Sampai hari ini, video memperlihatkan balita masak di dapur telah disaksikan sebanyak 1,3 juta tayangan dan mendapat berbagai respon.

Pengguna TikTok bukan hanya mengunggah video terkait balitanya memasak, ia juga mengunggah beberapa video yang memperlihatkan anaknya membereskan dapur.


Melansir dari Mstar, Selasa (27/7/2021) pengguna TikTok yang mengunggah video bernama Noor Hafizliana Ramli (31) ia menyebutkan anaknya sejak kecil sudah rajin di dapur.

Terang Hafizliana, anaknya bernama Muhammad Ziyyad Amsyar Jasri, anaknya hampir berusia dua tahun.

Aktivitasnya dalam membantu pekerjaan rumah mulai diperlihatkan ketika ia mulai bisa berjalan.

"Amsyar mulai bisa berjalan ketika usianya sembilan bulan, saat itulah ia mulai memperlihatkan minat membantu di rumah dari menyapu apabila ia melihat saya menyapu," katanya.

"Ia juga mudah membantu, membereskan mainannya sendiri setelah bermain," tambahnya.

Anak Hafizliana mulai membantunya di dapur sejak usia setahun enam bulan, ketika dimintai tolong memetik bayam.

"Saar pertama Amsyar membantu saya di dapur ketika usianya setahun enam bulan, saat itu dia tolong memetik bayam," jelasnya.

Hafizliana mengatakan, awalnya Amsyar mulanya hanya membantu memetik bayam, namun tiba-tiba ia membantu Hafizliana memasak.

Menuruti permintaan anaknya, Hafizliana memberikan izin kepada Amsyar untuk membantu di dapur.

"Sebelum ini, Amsyar membantu ambil telur, sayur, tiba-tiba dia ingin memasak pula

Jadi saya mengizinkannya untuk memasak untuk melihat minat dia dalam dunia memasak, dia ini tidak suka membuat rumah berantakan," katanya.

"Saya juga mengajarkan dia untuk mencuci bahan makanan, sampai memasukkan bahan makanan ke dalam kuali.

Apabila makanan sudah masak, Amsyar akan mengatakan bahwa itu masakannya dan lebih selera ketika makan," ungkap IRT ini.

Sebagaimana ibu pada umumnya, Hafizliana juga sangat menjaga keamanan anaknya saat berada di dapur.

Meskipun usia Amsyar masih sangat muda, Hafizliana menganggap aktivitas demikian bagus untuk mengembangkan minat dan kemahiran anak dalam memasak.

"Aktivitas begini sangat baik untuk mengembangkan minat anak dalam dunia masak, saya yakin dia akan berhasil menjadi chef karena pembelajaran berawal dari rumah.

Tidak sepenuhnya ilmu yang didapatkan di sekolah, jadi ini adalah peluang bagi orang tua untuk mendidik anaknya.

Yang dilakukan Amsyar juga membantu orang tua, apalagi mereka dibesarkan dalam kondisi pandemi seperti saat ini," tutupnya. (Serambinews.com/Syamsul Azman)


Sumber: https://aceh.tribunnews.com/2021/07/29/ajaib-balita-masak-di-dapur-petik-bayam-sampai-menyapu-orang-tua-jelaskan-penyebabnya

LihatTutupKomentar