Pria Ini Ambil Lagi Tip Rp 70 Ribu yang Diberikan ke Pelayan karena Hal Ini

Foto: iStock

Detik Kabar, Jakarta - Memberi tip untuk pelayan restoran adalah hal lumrah di Inggris, namun pria ini putuskan ambil lagi tip Rp 70 ribu yang sudah ia berikan. Kira-kira kenapa ya?

Praktik memberi tip usai bersantap di restoran jamak dilakukan di Eropa dan Amerika. Hal ini sebagai bentuk apresiasi pengunjung pada pelayan restoran.

Besaran tip memang tidak diatur secara tertulis, namun biasanya pengunjung restoran memberi tip setidaknya 15% dari total pemesanan mereka.

Hal ini juga dilakukan seorang pria saat santap di restoran China dekat tempat tinggalnya. Ia memberi tip USD 5 (Rp 70 ribu) pada pelayan restoran, namun berakhir diambil lagi.

Dikutip dari Mirror UK (8/1), cerita bermula saat ia menikmati makanan di restoran itu. "Makanannya enak, tapi hampir tidak ada interaksi dengan satupun pelayan selain ketika mereka membawakan makanan," ujarnya.

Pria itu juga bilang lantaran ia bersantap di tengah pandemi Covid-19, proses booking tempat dan memesan makananpun tidak melalui pelayan restoran. Semuanya dilakukan online.


Foto: Pria Ini Ambil Lagi Tip Rp 70 Ribu yang Diberikan ke Pelayan karena Hal Ini Foto: iStock

"Total tagihan makannya sekitar USD 30 (Rp 422 ribu), dan saya memberi tip sedikit di atas 15%, yaitu USD 5 (Rp 70 ribu)," lanjutnya.

Kemudian saat pria itu hendak bergegas meninggalkan restoran, pelayan restoran kembali ke meja dan mengembalikan tipsebesar Rp 70 ribu itu.

Dengan nada agak kesal, pelayan restoran itu bilang, "Apakah ada yang salah dengan makanannya? Di mana sisa tip-nya?"

Melihat respons ini, pria itu pun kesal. "Saya tidak menghargai bahwa kamipun tidak didekati sama sekali, dan saya kaget serta bingung dengan interaksi itu bahkan terjadi," ujarnya.


Foto: Pria Ini Ambil Lagi Tip Rp 70 Ribu yang Diberikan ke Pelayan karena Hal Ini Foto: iStock

Ia merasa jumlah tip yang diberikan sudah cukup. "Seperti biasanya tip 15% sudah cukup seperti pengalaman-pengalaman kami sebelumnya bersantap di restoran," katanya.

Akhirnya ia putuskan mengambil kembali tip Rp 70 ribu yang sudah diberikannya. Ia lantas pergi tanpa mengucap apapun dari restoran itu.

Pria itu lantas menceritakan semuanya di Reddit. Ia bertanya apakah hal yang dilakukannya tidak tepat? Netizenpun ramai menjawab.

Rata-rata pengguna Reddit bilang jumlah tip yang ia berikan sudah cukup dan wajar. Kesalahan ada pada si pelayan restoran yang tak menghargai tip darinya.

Sumber:  https://food.detik.com/info-kuliner/d-5327498/pria-ini-ambil-lagi-tip-rp-70-ribu-yang-diberikan-ke-pelayan-karena-hal-ini?tag_from=wpm_nhl_46

LihatTutupKomentar