Viral Kisah Pasien Bertahun Nahan Sakit di Perut & Pinggang,Usai Diperiksa Berujung ke Kamar Operasi


Foto: Tangkapan layar video kisah pasien bertahun-tahun tahan sakit di bagian perut dan pinggang hingga berujung ke kamar operasi, ternyata menderita batu ginjal yang ukurannya cukup besar dan jumlahnya banyak. 

Detik Kabar - Kesehatan tubuh juga merupakan sebuah aset masa depan yang perlu dijaga sebaik-baiknya.

Oleh sebab itu, jika merasa mengalami kelainan pada kesehatan tubuh, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi sebenarnya.

Sehingga kejadian seperti yang dialami oleh seorang pasien berikut dapat terhindari.

Selama bertahun-tahun, pasien tersebut mengabaikan sakit di bagian perut dan pinggangnya.

Namun pada akhirnya, ia berakhir di kamar operasi karena kondisinya yang sudah sangat buruk setelah ia memutuskan untuk melakukan pemeriksaan.

Kisah yang dialami oleh pasien yang tidak diungkapkan identitasnya ini pun viral di media sosial, setelah diceritakan dalam beberapa video yang dibagikan lewat akun Tiktok @fujiassahar belum lama ini.

Dalam video yang menampilkan suasana di ruang operasi tersebut, diceritakan bahwa pasien yang diduga berjenis kelamin pria ini selama bertahun-tahun merahasiakan penyakitnya.

Padahal, dia terus mengalami sakit di bagian perut dan pinggangnya, namun pasien ini lebih memilih untuk menahannya.

Setelah memutuskan untuk melakukan pemeriksaan, barulah diketahui bahwa selama ini pasien itu menderita penyakit batu ginjal.

Akan tetapi, kondisinya sudah sangat buruk karena batu ginjal yang dideritanya berukuran cukup besar.

Hal ini pun membuat keluarga si pasien kaget.

Apalagi, jumlah batu ginjal yang diderita oleh pasien ini ternyata lebih dari satu.

Alhasil, pasien ini harus dibawa ke kamar operasi untuk mengeluarkan batu-batu ginjal yang ada di bagian tubuh pasien tersebut.

"Karena batu sudah lama dan ukurannya cukup besar, tim dokter kesulitan memecahkan batu," tulis narasi dalam video viral tersebut.

Kendati demikian, dokter dan timnya terus berupaya untuk bisa mengikis lapis demi lapis batu ginjal yang ada di tubuh pasien tersebut.

Alat radiasi dan urologi lainnya pun digunakan untuk mendeteksi keberadaan batu ginjal si pasien.

Dalam video unggahan akun Tiktok @fujiassahar, diperlihatkan pula kondisi batu ginjal dalam tubuh pasien, yang muncul pada layar monitor peralatan di ruang operasi.

Termasuk saat proses pengikisan dan pemecahan batu ginjal yang ukurannya besar dan berlapis-lapis tersebut.

"Parahnya lagi batu ginjal pasien lebih dari satu. Pendarahan tentu sudah menjadi resiko," sambung narasi tersebut.

Setelah berupaya sekuat tenaga, tim dokter akhirnya berhasil mengeluarkan satu persatu batu ginjal yang ada di dalam tubuh pasien tersebut hingga habis.


Foto: Tangkapan layar video detik-detik proses pengikisan batu ginjal dan batu ginjal yang sudah dikeluarkan dari tubuh pasien. (TIKTOK/@FUJIASSAHAR)

Pada layar monitor yang ada di ruang operasi, terlihat ginjal pasien itu telah bersih dari batu.

Sementara pecahan batu yang berhasil dikeluarkan dari dalam tubuhnya itu dikumpulkan dalam sebuah toples dan juga ditunjukkan dalam video yang dibagikan akun @fujiassahar.

"Serem banget, batunya keras dan juga berjumlah banyak. Semua keluarga kaget melihat batu yang diderita pasien," sebut narasi dalam video.

Dalam narasi di video itu juga disebutkan, operasi pengangkatan batu ginjal yang dijalani oleh si pasien memang berhasil.

Pasie itu juga kini sedang dalam proses pemulihan.

Akan tetapi, jika seandainya ditangani lebih awal, tentu batu-batu tersebut tidak sebesar dan sebanyak yang dialami pasien sebelum menjalani operasi.

Dan tentu saja, pasien juga tidak harus menahan sakit yang luar biasa serta proses operasi juga akan lebih mudah.

Oleh sebeb itu, penting untuk lebih peka dan menyadari hal-hal tak biasa yang dialami berkaitan dengan kondisi tubuh.

Unggahan video di akun @fujiassahar juga mengajak warganet untuk menjadikan pelajaran dari apa yang dialami oleh si pasien.

Dalam video itu juga diingatkan, agar kita tidak berdiam diri dan merahasiakan semua kelainan kesehatan yang mungkin terjadi pada tubuh. (Serambinews.com/Yeni Hardika)


Sumber: https://aceh.tribunnews.com/2021/08/10/viral-kisah-pasien-bertahun-nahan-sakit-di-perut-pinggangusai-diperiksa-berujung-ke-kamar-operasi

LihatTutupKomentar