dr Richard Lee Ungkap 5 Bahan Alami untuk Wajah Awet Muda dan Kencang

Foto: YouTube/dr Richard Lee

Detik Kabar - Dokter kulit dan kecantikan, Richard Lee, ditangkap paksa buntut dari review skincare yang dilakukan. Sebelumnya ia aktif memberi edukasi kecantikan, termasuk mengungkap lima bahan alami yang bisa mengencangkan kulit wajah.


dr. Richard Lee, dokter spesialis kulit dan kecantikan kerap memberikan edukasi terkait bahan-bahan yang aman serta yang harus dihindari untuk kesehatan kulit dan wajah. Berbagai produk kosmetik bahkan langsung diteliti oleh dr Richard Lee untuk membuktikan keamanan komposisi kandungan bahannya.

Namun tanpa disangka, dr. Richard Lee justru dilaporkan atas ulasannya tersebut dengan tuduhan pencemaran nama baik. Baru-baru ini bahkan dr Richard Lee dijemput paksa oleh sekelompok aparat di kediamannya.

Sesuai dengan latar belakangnya, selain mengulas komposisi kandungan kosmetik ia juga kerap membagikan tips-tips untuk menjaga kesehatan kulit dan kecantikan wajah. Beberapa bahan alami bahkan dikatakan oleh dr. Richard Lee dapat membantu mengencangkan dan menjaga kesehatan kulit serta membuat wajah lebih awet muda.

Berikut 5 bahan alami untuk menyehatkan kulit menurut dr Richard Lee, seperti dikutip dari akun YouTube dr Richard Lee (22/5):

1. Lemon

Kandungan vitamin C pada lemon memang diketahui memiliki banyak fungsi untuk kesehatan terutama pada kesehatan kulit. Kandungan lainnya yang
juga terkandung dalam lemon pun telah terbukti berkhasiat untuk mengefektifkan fungsi mencerahkan yang dimiliki vitamin C.

"Menurut penelitian lemon mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi, jadi manfaatnya bisa berguna untuk brightening (mencerahkan), menghilangkan flek, antiaging (penuaan), antiinflamasi dan juga bisa membantu mengurangkan sebum di wajah," kata dr. Richard Lee.

Tetapi kandungan pH yang terlalu tinggi membuat tingkat keasaman lemon harus diwaspadai jika digunakan pada kulit. Penggunaan pH yang tinggi pada kulit ini dapat menyebabkan iritasi dan fotosensitivitas yang membuat kulit akan mudah terbakar di bawah sinar matahari.

2. Kunyit

Rempah yang dikatakan sebagai salah satu superfood ini ternyata memang memiliki manfaat yang sangat baik bahkan jika digunakan untuk kesehatan kulit wajah sekalipun. Kunyit mengandung komponen antiinflamasi dan antioksidan yang telah terbukti dalam penelitian.

"Kunyit ini terbukti melalui penelitian dapat mencerahkan kulit setelah pemakaian rutin selama tiga minggu," kata dr. Richard Lee.

Kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang tinggi ini bahkan dapat mencerahkan kulit dengan sendirinya tanpa bantuan vitamin C, arbutin dan berbagai bahan lainnya. Cara kerja kunyit pada kulit ini dimulai dengan menyehatkan kulit sehingga kecerahan kulit akan terbentuk dengan sendirinya.

3. Bawang Putih

Selain banyak digunakan untuk membumbui masakan, bawang putih juga mengandung komponen aktif yang baik untuk kesehatan tubuh. Terutama bagi kulit, bawang putih bahkan terbukti ampuh untuk mengatasi permasalahan yang ada pada kulit dan wajah.

"Manfaat bawang putih bisa untuk mencerahkan, menghilangkan jerawat, menghilangkan bekas jerawat, menghilangkan komedo," kata dr. Richard Lee.

Manfaat bawang putih yang begitu banyak berasal dari kandungan allium sativum yang berfungsi sebagai antiseptik dan antiinflamasi. Tetapi manfaat bawang putih ini lebih aman jika dikonsumsi langsung dibandingkan dengan menggosokannya pada permukaan kulit karena justru dapat merusak lapisan kulit.

4. Lidah Buaya

Sejak zaman nenek moyang, lidah buaya memang selalu dipercaya untuk kesehatan rambut hingga kulit. Lidah buaya ternyata juga mengandung vitamin C, antioksidan dan antiinflamasi dengan pH yang lebih rendah dibandingkan lemon.

"Tidak seperti lemon, pH aloe vera (lidah buaya) tidak asam seperti lemon dan bawang putih, ini pH nya hanya sekitar 3-4 pH jadi lebih dingin saat ditempelkan ke wajah," kata dr. Richard Lee.

Dr. Richard Lee bahkan juga menyarankan bagi kamu yang memiliki tanaman lidah buaya bisa langsung digunakan di rumah. Penggunaan lidah buaya secara rutin dapat meningkatkan kadar kelembaban kulit sehingga akan lebih cerah dan bercahaya.

5. Madu

Bahan makanan yang manis satu ini dikenal memiliki sejuta manfaat secara turun temurun. Madu dapat membantu penyembuhan luka pasca pengobatan dengan lebih cepat.

"Menurut penelitian kadar gula dalam madu yang tinggi membuat osmolaritas itu lebih tinggi sehingga bisa mencegah bakteri dan mikroba untuk tumbuh di luka. Lukanya akan lebih steril dan merangsang kolagen," kata dr. Richard Lee.

Madu seringkali dicampurkan dengan berbagai bahan lainnya seperti lidah buaya atau lemon untuk menjaga kesehatan kulit. Jika tidak nyaman dengan tekstur madu yang lengket, konsumsi madu secara rutin juga bisa menjadi cara alternatif untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat.


Sumber: https://food.detik.com/info-sehat/d-5681388/dr-richard-lee-ungkap-5-bahan-alami-untuk-wajah-awet-muda-dan-kencang?tag_from=wpm_nhl_30

LihatTutupKomentar