Tambah Pahala, Ini 3 Amalan Utama di Hari Jumat


Foto: Ilustrasi berdoa di hari Jumat. 

Detik Kabar - Hari Jumat, hari yang memiliki keutamaan tersendiri dibanding hari-hari lainnya dalam satu pekan.

Pada hari Jum’at, seluruh umat muslim laki-laki diwajibkan untuk melaksanakan ibadah Sholat Jumat di Masjid.

Namun selain salat Jumat, ada juga amalan amalan utama di hari Jumat lainnya yang sebaiknya dilakukan.

Amalan utama di hari Jumat ini merupakan amalan yang memiliki keutamaan tersendiri.

Dalam banyak riwayat dikatakan tentang keutamaan hari Jumat ini. Amalan-amalan yang dilakukan pada hari Jumat bernilai tinggi di sisi Allah SWT.

Kutamaan hari ini juga turut dijelaskan sendiri oleh Nabi Muhammad SAW di berbagai hadistnya, satu di antaranya diriwayatkan dalam sebuah hadis Abu Hurairah.

"Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat" (HR Muslim).

Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui apa saja amalan utama di hari Jumat.

Tiga Amalan Paling Utama yang Harus Dilakukan di Hari Jumat

Adapun tiga amalan paling utama yang harus dilakukan di hari Jumat ialah memperbanyak istigfar, bershalawat dan bersedekah.

Simak penjelasan Ustaz Abdul Somad (UAS) seperti dikutip Serambinews.com lewat kanal YouTube Taman Surga Net pada Jumat (2/7/2021) berikut ini:

1. Istigfar

Istigfar merupakan tindakan meminta maaf atau memohon ampun kepada Allah.

Hal ini merupakan perbuatan yang dianjurkan dan penting di dalam ajaran Islam.

Tindakan ini dilakukan dengan mengulang-ulang perkataan dalam bahasa Arab astaghfirullah, yang berarti "Saya memohon ampunan kepada Allah".

Adapun dalil dari Sunnah Rasul shallallahu’alaihiwasallam yang menunjukkan bahwa memperbanyak istighfar merupakan salah satu kunci ketenangan hati, suatu hadits yang berbunyi:

Janji Nabi SAW :

"Barang siapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka" (H.R Ahmad dari Ibnu Abas dan sanadnya dinilai sahih oleh Al-Hakim serta Ahmad Syakir).

"Amalannya yang pertama di hari Jumat ialah memperbanyak istigfar," kata UAS lewat kanal YouTube Taman Surga Net yang tayang pada (4/12/2020).

Dalam mengucapkan istigfar, UAS menyebut ada tiga macam jenis istigfar yang dapat kita lafalkan, masing-masing kita dapat memilih yang mana lebih disukai.

Pertama, istigfar yang dilagukan seperti "Astaghfirullah robbal baroya, Astaghfirullah minal khotoya, Robbi zidni 'ilman. zidni 'ilman nafia Wawafiqni 'amalan sholihah.. 'amalan maqbula".

Namun, jika tidak suka istigfar yang dilagukan, Anda dapat beristigfar dengan mengucapkan kata "Astagfirullahaladzim, Astagfirullahaladzim (Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung)" yang diucapkan di dalam hati sebanyak mungkin.

"Astagfirullah robbal baroya, astagfirullah minal khotoya, bagi yang suka lagu begitu. Bagi yang nggak suka lagu diam-diam aja ucap Astagfirullahaladzim-astagfirullahhaladzim," sambung UAS.

Kedua, bila Anda ingin mengucapkan istigfar yang sedikit lebih panjang, Anda bisa melafalkan kalimat berikut:

"Astaghfirullah hal adzim alladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyumu wa atubu ilaih (dibaca sebanyak yang Anda bisa)

Artinya: “Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung yang tiada Tuhan selain Dia yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepada-Nya”.

Ketiga, melafalkan Sayyidul istigfar dengan mengucapkan:

"Allahumma Anta Rabbi, la ilaha illa Anta khalaqtani, wa ana 'abduka, wa ana ala ahdika wawa'dika mastatha'tu, audzubka min syarrima shana'tu, abu'u laka bini'matika alayya wa abu'u laka bi dzanbi, faghfirli, fa innahu la yaghfirudzunuba illa Anta

Artinya: "Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi selain Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui dosaku kepada-Mu dan aku akui nikmat-Mu kepadaku, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain-Mu."

Anda dapat memilih dari ketiga jenis istigfar ini dan dapat mengamalkannya saat pagi, siang, maupun malam hari di hari Jumat.

"Pagi-pagi saat masak pagi istigfar, siang istigfar, setiap waktu memperbanyak istigfar," ucap Abdul Somad.

2. Banyak bershalawat

UAS menyebut, amalan yang paling utama di hari Jumat setelah beristigfar ialah bershalawat.

Amalan yang satu ini juga mungkin banyak dilalaikan oleh kamu muslimin atau mungkin belum diketahui.

Amalan tersebut adalah shalawat kepada Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam. Janganlah kita sampai melalaikan amalan ini.

“Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh sholawat, menghapus darinya sepuluh dosa dan mengangkat derajatnya sepuluh derajat.” (HR. An Nasa'i).

Ada banyak macam shalawat, Anda dapat mengamalkannya baik dengan irama ataupun tidak.

"Yang mau pake irama bagus, gak pake irama bagus, ga masalah," sambung UAS.

Bersholawat di hari Jumat juga menjadi amalan yang dianjurkan Nabi saw.

Bahkan, Rasulullah mengatakan sholawat yang dibacakan pada hari Jumat akan disampaikan langsung kepadanya.

Nabi Muhammad SAW bersabda dalam hadits riwayat Aus bin Aus yang artinya:

“Sesungguhnya di antara hari-harimu yang paling utama adalah hari Jumat, pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu beliau wafat, pada hari itu juga ditiup (sangkakala), dan pada hari itu juga mereka pingsan. Maka perbanyaklah shalawat kepadaku karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku.”

3. Sedekah secara rahasia

Bersedekah sangat dianjurkan tiap Muslim dan merupakan amal ibadah yang sangat disukai Allah SWT.

Pintu surga pun terbuka bagi orang-orang yang ikhlas mendermakan hartanya di jalan Allah maupun untuk membantu sesama yang sedang kesusahan.

Poin ketiga yang dianjurkan oleh UAS ialah memperbanyak sedekah sirri (secara rahasia) di hari Jumat.

"Di hari Jumat memperbanyak sedekah sirri, (secara diam-diam) dapat menolak mati jelek, musibah, malapetaka dan bencana," pungkasnya. (Serambinews.com/Firdha Ustin)


Sumber: https://aceh.tribunnews.com/2021/07/02/tambah-pahala-ini-3-amalan-utama-di-hari-jumat

LihatTutupKomentar