Ikan 'Fosil Hidup' Ini Umurnya Bisa Sampai 100 Tahun
Foto: Ikan coelacanth

Detik Kabar - Coelacanth adalah ikan purba karena sudah sedemikian lama berada di Bumi ini, bahkan ia sering dijuluki sebagai fosil hidup. Dalam penelitian terbaru, coelacanth disimpulkan dapat hidup sangat lama, sampai 100 tahun.

Sebelumnya, ikan ini diestimasi hanya hidup sampai usia 20 tahun. Dalam penelitiannya. para periset asal Perancis memeriksa spesimen coelacanth. Selain usianya, disimpulkan pula bahwa ikan ini baru mulai bereproduksi di paruh umurnya dan kehamilan dapat sepanjang 5 tahun.

Lambatnya perkembangbiakan itu bisa mengancam kelangsungan hidup coelacanth, terlebih ada ancaman lain yaitu perubahan iklim. Peneliti menyebutkan pengetahuan baru ini akan membantu upaya perlindungan yang lebih baik pada mereka.

Seperti dikutip detikINET dari BBC, coelacanth pernah dikira sudah punah sampai pada tahun 1938, ia terperangkap di jaring ikan di wilayah AFrika Selatan. Habitatnya kemudian diketahi berada di Afrika dan di pantai Sulawesi, Indonesia.

Populasi di Afrika disebut sangat terancam punah dan mungkin hanya menyisakan beberapa ratus ekor coelacanth. Tindakan drastis mungkin diperlukan untuk menjaga ikan yang dapat tumbuh sepanjang 1,8 meter ini.

"Hasil penelitian kami ini mengindikasikan bahwa mereka mungkin lebih terancam dari perkiraan. Pengetahuan-pengetahuan baru tersebut dalam hal sejarah hidup dan biologi coelacanth adalah hal penting untuk konservasi dan manajemen spesies ini," cetus Kelig Mahe dari North Sea Fisheries Research Unit, Perancis.

Dalam studi selanjutnya, mereka berencana meneliti apakah perkembangan coelacanth berkaitan dengan temperatur dalam rangka mengukur dampak perubahan iklim. Ikan ini sudah berada di Bumi sejak 420 juta tahun silam, bahkan selamat saat terjangan asteroid memusnahkan dinosaurus. 


Sumber: https://inet.detik.com/science/d-5611717/ikan-fosil-hidup-ini-umurnya-bisa-sampai-100-tahun?tag_from=wpm_nhl_2

LihatTutupKomentar