Cara Bersyukur Kepada Allah, Tingkatkan Ibadah Maka Hidup Akan Semakin Berkah


Foto: Tgk H Ridhwan Ibrahim, khatib di Masjid HKL, Jumat (25/6/2021) 

Detik Kabar, BANDA ACEH – Khutbah Jumat di Masjid Haji Keuchik Leumiek, Jumat (25/6/2021) menghadirkan Tgk H Ridhwan Ibrahim sebagai khatib dan iman Tgk TM Abduh sebagai imam.

Dari mimbar, khatib menerangkan terkait seorang hamba yang telah diberikan nikmat oleh Allah SWT sehingga harus bersyukur.

Cara bersyukur seorang hamba kepada Allah SWT yakni dengan meningkatkan ibadah, dengan meningkatkan ibadah maka kehidupan akan menjadi berkah dan apapun yang dikerjakan akan dipermudah oleh Allah SWT.

“Bersyukurlah maka akan ditambahkan nikmat, cara bersyukur terbaik adalah meningkatkan ibadah kepada Allah SWT, agar hidup semakin berjaya semakin berkah,” ucap khatib dari atas mimbar.

Khatib juga mengulas, beberapa tahun terakhir musibah, cobaan dan berbagai kejadian tidak menyenangkan terjadi.

Virus Corona yang sampai saat ini belum selesai, musibah-musibah lainnya yang tidak menyenangkan, sehingga hidup terasa berat, banyak cobaan dan sebagainya.

Khatib mengatakan, seharusnya sebagai seorang Muslim, harus mencari tahu penyebab Allah turunkan musibah kepada manusia, karena Allah tidak menurunkan musibah tanpa adanya sebab.

“Setiap tahun, kehidupan makin berat, persoalan dan berbagai macam bala. Tanyakan kepada diri sendiri, mengapa semua bisa terjadi, sebab tidak mungkin Allah menimpakan musibah tanpa adanya sebab,” tambahnya.

Perbanyak Ikhtifar dan Ibadah

Seorang hamba yang lemah dan tidak memiliki kuasa, bantuan dan pertolongan dari Allah SWT selalu yang diharapkan, seperti tanda-tanda kondisi alam yang kian berubah-ubah.

Kondisi alam yang sulit untuk diprediksi demikian semestinya menjadikan seorang hamba lebih sadar bahwa Allah memiliki kuasa sepenuhnya di bumi, sehingga agar selamat dari segala musibah, maka yang mesti dilakukan adalah perbanyak ikhtifar dan beribadah.

“Seperti terjadi gerhana bulan beberapa saat lalu, semestinya menjadikan kita untuk lebih banyak berikhtifar dan beribadah, Corona yang melanda juga masih belum usai, sebagai hamba, mintalah pertolongan kepada Allah agar semua musibah ini segera berlalu,” ucap khatib.

Minta pertolongan Allah

Dalam Alquran, telah dijelaskan segala macam musibah dan persoalan bisa dengan mudah diselesaikan oleh Allah SWT.

Alquran juga menjelaskan, ada beberapa ujian yang datang dari Allah dan jalan penyelesaiannya juga ada pada Allah.

Karenanya, keyakinan dan kepercayaan kepada Allah SWT harus selalu dipupuk, sehingga adakalanya musibah datang, seorang Muslim telah siap dan bisa menaruh harapan besar kepada Allah SWT.

“Alquran mengajarkan beberapa perkara, yakin semua ujian ada yang datang dari Allah dan akan diselesaikan oleh Allah SWT,” ucapnya.

Keyakinan kepada Allah harus dibangun, sebagaimana kisah Nabi Musa As dengan Firaun, saat Allah memerintahkan Nabi Musa As untuk melemparkan tongkatnya sampai berubah menjadi ular dan memakan ular-ular dari penyihir Firaun.

“Keyakinan kepada Allah harus dibangun, seperti saat Nabi Musa menghadapi penyihir Firaun, Allah memerintahkan Nabi Musa untuk menghentakkan tongkat dan Musa mentaati sampai tongkat itu berubah menjadi ular dan memakan ular milik penyihir Firaun.

Semua Pertolongan Berasal dari Allah  

Yakinlah, semua persoalan akan mendapat pertolongan dari Allah SWT, seorang Muslim harus percaya bahwa segala macam masalah dan musibah mudah diselesaikan Allah.

Memperbanyak berdoa kepada Allah, karena Allah mengabulkan semua permintaan hambanya yang beriman.

“Sesungguhnya pertolongan datang dari Allah SWT, perbanyaklah berdoa kepada Allah SWT, karena Allah mengabulkan semua permintaan hambanya,” katanya.

“Allah memberikan semua permintaan hamba, asalnya hambanya beriman kepada Allah SWT dan taat kepada Allah, lakukan yang diperintahkan dan meninggalkan yang dilarang,” jelasnya.

Pada saat yang sama, khatib juga menjelaskan terkait kurban Idul Fitri, jelasnya berkurban merupakan ibadah yang bernilai besar di sisi Allah.

Setiap Muslim sangat dianjurkan untuk berkurban setiap tahunnya bagi mereka tergolong mampu. Berkurban ini juga sebagai upaya untuk menghindari musibah, karena melakukan ibadah mendatangkan keberkahan. (Serambinews.com/Syamsul Azman)


Sumber: https://aceh.tribunnews.com/2021/06/26/cara-bersyukur-kepada-allah-tingkatkan-ibadah-maka-hidup-akan-semakin-berkah

LihatTutupKomentar