Buya Yahya: Orang yang Sering Komentar Kasar dan Nyinyir di Medsos Telah Hilang Kasih Sayang


Foto: Buya Yahya 

Detik Kabar - Bukan hal baru lagi, fenomena berkomentar sadis di media sosial dan suka mencampuri urusan orang lain untuk dijadikan bahan ghibah menyelimuti umat.

Perilaku membicarakan orang lain, berkomentar kasar baik secara langsung maupun di media sosial, ternyata bentuk dari seseorang yang telah hilang rasa kasih sayang pada dirinya.

Sehingga, karena tidak adanya lagi bentuk kasih sayang, mudah bagi seseorang berkomentar secara kasar tanpa memikirkan orang yang dikomentari.

Perilaku manusia demikian juga dibahas oleh Buya Yahya.

Dalam video yang diupload di Instagram @buyayahya_albahjah, Buya mengatakan orang-orang demikian sebenarnya mudah melakukan kejahatan.

Bahkan tidak sadar telah melakukan kejahatan, sebab telah hilang rasa kasih sayang kepada sesama, hilang rasa ingin tolong menolong kepada sesama.

"Akibat Hilangnya Kasih Sayang - Hikmah Buya Yahya

Saat hilang kasih sayang dihati kita, maka kejahatan akan terbuka. Dia tidak akan peduli dengan sesama, tidak akan ada tolong menolong, saling caci maki dan adu domba," demikian tulis pada postingan pada hari Rabu (2/6/2021).

Hati Hilang Kasih Sayang Dekat dengan Kejahatan

Hati yang telah kehilangan rasa kasih sayang maka akan lebih dekat dengan kejahatan, hilang rasa ingin saling tolong menolong.

Sehingga, ketika hal demikian berlaku, mudah bagi seseorang berkomentar kasar, baik secara langsung maupun dari komentar medsos.

Kelakuan demikian karena hati telah dipenuhi dengan kebencian dan tidak melihat lagi adanya kebaikan pada orang lain.

Merasa diri paling benar dan memandang, kesalahan yang dilakukan orang lain benar-benar fatal dan pantas menerima hukuman.

"Bagi hati telah hilang rasa kasih sayang, berhati-hatilah karena kejahatan akan terbuka.

Ketika hilang rasa kasih sayang, maka akan hilang rasa ingin menolong kepada sesama, seseorang berbuat baik sebenarnya bukan kepentingan Allah, melainkan kepentingan untuk dirinya sendiri," jelas Buya.

"Sehingga karena kebiasaan kasih sayang hilang, mudah bagi orang berkomentar tidak baik dan jelek, kalau seandainya dalam hati seseorang ada kasih sayang, bukan lisan berucap untuk mencaci atau menggunakan medsos untuk mencari kesalahan, tapi ia akan memanjatkan doa kepada Allah SWT untuk meminta pertolongan agar disadarkan saudaranya dari segala kekeliruan dan kesalahan yang diperbuat," tambah Buya.

Terlalu Cinta Dunia

Seseorang yang terlalu mencintai dunia, secara perlahan akan mengubah pandangannya untuk mendapatkan yang diinginkan.

Melakukan segala cara agar keinginannya bisa tercapai, baik itu secara halal maupun secara haram.

Orang yang mencintai dunia, kasih sayang kepada orang lain perlahan lenyap, berganti keinginan pribadi yang ingin segera dipenuhi.

"Seseorang yang telah mencintai dunia, akan melakukan segala cara untuk mendapatkan keinginannya," tutup Buya. (Serambinews.com/Syamsul Azman)

Sumber: https://aceh.tribunnews.com/2021/06/02/buya-yahya-orang-yang-sering-komentar-kasar-dan-nyinyir-di-medsos-telah-hilang-kasih-sayang

LihatTutupKomentar