Amalan Agar Diberi Kekayaan Berlimpah, Baca Surah Al Waqiah 14 Kali Usai Sholat Ashar


Foto: Ilustrasi membaca alquran dalam bulan puasa Ramadhan 1441 H 

Detik Kabar - Berikut manfaat membaca surah Al Waqiah setelah.

Kita senantiasa dimudahkan rezeki dan dijauhkan dari kemiskinan.

Surat Al Waqiah adalah surat yang membahas persoalan akhir zaman alias kimat.

Di sisi lain, Surat Al Waqiah juga bermanfaat untuk membuka pintu rezeki selebar-lebarnya.

Jika dibaca sebanyak 41 kali, seluruh hajat atau keinginannya berkaitan dengan rezeki akan dikabulkan Allah. Amin...

Surat ini terdiri dari 96 ayat di mana dikatakan sebagian diturunkan di Mekah dan sebagiannya di Madinah.

Namun mayoritas ulama berpendapat surat tersebut diturunkan di Mekah.

Dikatakan bahwa, ketika peristiwa penting terjadi, siapa pun yang mengikuti jalan yang lurus akan memperoleh keamanan dan menerima kemurahan hati.

Namun, orang yang menyimpang dari jalan akan berada dalam keadaan menyesal dan akan mendatangkan murka-Nya.

Membaca surat Al Waqiah dipercaya dapat membawa kebaikan bagi pembacanya jelang hari akhir nanti.

Lantas, kapan waktu membaca Surat Al Waqiah?

Salah satu waktu terbaik untuk mengamalkan membaca Surat Al Waqiah adalah setelah Sholat Dhuha dan Sholat Tahajud. Beberapa pendapat untuk pengamalannya sebagai berikut.

Membaca setelah sholat dhuha dan sholat tahajud pada ayat ke 89: “fa rouhu wa roihanu ja jannatu na’im” sebanyak 3 kali. Usahakan dengan menahan napas dan diam sejenak, kemudian disambung dengan permohonan atau hajat yang diinginkan. Setelahnya, lanjukan membaca hingga ayat terakhir.

Membacanya setelah dhuha atau tahajud sebanyak 3 kali dilanjutkan dengan doa berikut ini.

“Allahumma inni as’aluka bihaqqi suuratil waaqiah wa asrooroha, antuyassiroli rizqii kamaa yusarritahuu li katsirin bi kholqika, Ya Allah ya robbal’alamiin.”

Ya Allah sesungguhnya, aku memohon kepadamu dengan kebenaran surat Al Waqiah dan segala rahaisanya.

Agar Engkau berkenan memudahkan rezekiku sebagaimana Engkau memudahkannya pada seluruh makhluk.

Lakukan sebelum tidur agar hati terasa tenang. Setelahnya lanjutkan dengan membaca Al Mulk sebagai salah satu rutinitas.

Dengan merutinkannya, maka manfaat Surat Al Waqiah akan Anda rasakan secara bertahap.

Kelancaran rezeki, kemudahan urusan, dan hal-hal duniawi lainnya akan ditata oleh Allah. Tunaikan hak Allah terlebih dahulu, maka Allah akan mempermudah dalam mendapatkan hak. Membaca surat andalan yang disunnahkan Rasulullah juga akanmengalirkan pahala di sisi Allah swt.

Berikut bacaan surat Al Waqiah ayat 1-10 lengkap beserta latin dan artinya:

Bacaan Surat Al Waqiah Ayat 1-10

1. IZA WAQA ATIL-WAQIAH

Artinya : Apabila terjadi hari Kiamat,

2. LAISA LIWAQ ATIHA KAZIBAH

Artinya : Terjadinya tidak dapat didustakan (disangkal).

3. KHAFIDATUR RAFIAH

Artinya : (Kejadian itu) merendahkan (satu golongan) dan meninggikan (golongan yang lain).

4. IZA RUJJATIL-ARDU RAJJA

Artinya : Apabila bumi diguncangkan sedahsyat-dahsyatnya,

5. WA BUSSATIL-JIBALU BASSA

Artinya : Dan gunung-gunung dihancurluluhkan sehancur-hancurnya,

6. FA KANAT HABA AM MUMBASSA

Artinya : Maka jadilah ia debu yang beterbangan,

7. WA KUNTUM AZWAJAN SALASAH

Artinya : Dan kamu menjadi tiga golongan,

8. FA AS-HABUL MAIMANATI MA AS-HABUL MAIMANAH

Artinya : Yaitu golongan kanan, alangkah mulianya golongan kanan itu,

9. WA AS HABUL MASY AMATI MA AS HABUL MASY AMAH

Artinya: Dan golongan kiri, alangkah sengsaranya golongan kiri itu,

10. WAS- SABIQUNAS SABIQUN

Artinya: Dan orang-orang yang paling dahulu (beriman), merekalah yang paling dahulu (masuk surga).

Doa Setelah Membaca Surat Al Waqiah

Allohumma shun wujuhana bil yasar wala tuhinna bil iqtar fanastarziqa tholibi rizqika wa nasta’thifa syiroro kholqika wa nasytaghila bihamdi man a’thona wa nubtala bi zammi man mana’ana wa anta min wara-i zalika ahlul ‘atho-i wal man-‘i.

Allohumma kama shunta wujuhana ‘anis sujudi illa laka fa shunna ‘anil hajati illa ilaika bijudika wa karomika wa fadhlika ya arhamar rohimin wa shollallohu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Artinya:

“ Ya Allah, jagalah wajah kami dengan kekayaan, dan jangan hinakan kami dengan kemiskinan sehingga kami harus mencari rizki dari para pencari rizki-Mu, dan minta dikasihani oleh manusia ciptaan-Mu yang berbudi buruk, dan sibuk memuji orang yang memberi kami dan tergoda untuk mengecam yang tidak mau memberi kami. Padahal, Engkau di balik semua itu adalah yang berwenang untuk memberi atau tidak memberi.

Ya Allah, sebagaimana Engkau menjaga wajah kami dari sujud kecuali kepada-Mu, maka jagalah kami dari keperluan selain kepada-Mu, dengan kedermawanan-Mu, kemurahan-Mu, dan karunia-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara semua penyayang. Cukupkanlah kami dengan karunia-Mu dari siapa pun selain Engkau. Semoga Allah merahmati junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya dan para sahabatnya, juga semoga Allah memberi keselamatan.”

Manfaat Membaca Surat Al Waqiah

1. Dijauhkan dari Kemiskinan

Manfaat surat Al Waqiah jika seorang umat muslim rajin membacanya setiap hari, maka ia akan mendapatkan pahala dan akan dijauhkan dari kemiskinan.

2. Memperoleh Kekayaan dan Rezeki Berlimpah

Jika surat Al Waqiah dibaca sebanyak 14 kali seusai sholat Ashar maka orang tersebut akan mendapatkan kekayaan yang berlimpah dan tidak akan ada habisnya. Seperti yang telah dijelaskan dalam suatu hadits yang berbunyi, " Ajarkanlah surah Al-Waqi’ah kepada isteri-isterimu. Karena sesungguhnya ia adalah surah Kekayaan." (Hadis riwayat Ibnu Ady)

Setiap selesai sholat fardhu, bacalah surat Al Waqiah sebanyak 25 kali sehingga sampai pada malam Jumat berikutnya. Pada malam Jumat berikutnya tersebut sesudah sholat Maghrib, maka baca Surat Al Waqiah sebanyak 25 kali, sesudah sholat Isya dibacakan kembali sebanyak 125 kali diikuti dengan Sholawat Nabi 1.000 kali.

Sesudah selesai, maka perbanyak juga sedekah dan amalkan surat ini sekali pada pagi dan petang. Maka Insya Allah seseorang yang membacanya akan memperoleh kekayaan dan rezeki berlimpah.

3. Akan Dikabulkannya Seluruh Hajat yang Berhubungan dengan Rezeki

Jika surat Al Waqiah dibaca sebanyak 41 kali dalam satu majelis, maka Insya Allah akan ditunaikan semua hajat yang dimohonkan terutama yang berhubungan dengan rezeki.

4. Mempermudah Sakaratul Maut

Manfaat surat Al Waqiah yang berikutnya adalah dapat mempermudah sakaratul maut. Jika orang yang sedang sakaratul maut dibacakan surat Al Waqiah, maka akan dipermudah ruhnya keluar dari jasad seseorang, sehingga tidak akan merasakan sakaratul maut terlalu lama.

5. Dilindungi dari Adanya Kemudharatan Dunia

Jika surat Al Waqiah ini dibacakan untuk atau oleh wanita dan juga gadis, maka akan berguna untuk melindungi diri dari segala macam kemudaratan dunia sekaligus terhindar juga dari kemiskinan.

6. Tidak akan Ditimpa Kefakiran

Abdullah bin Mas'ud pernah mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

" Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya." (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Dari hadits tersebut dijelaskan bahwa barangsiapa yang membaca Surat Al Waqiah setiap hari, niscaya ia tidak akan ditimpakan kekafiran. Kekafiran adalah salah satu hal yang sangat dibenci oleh Allah SWT.

7. Merupakan Surat Kekayaan

Manfaat surat Al Waqiah yang berikutnya adalah surat ini merupakan surat kekayaan. Dari Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: " Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah pada malam Jumat, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia; surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukimin (sa) yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi oleh yang lain." (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Dengan membaca surat Al Waqiah setiap hari maka dapat memudahkan seseorang mendapatkan rezeki yang halal, pun nikmat Allah yang terus mengalir.

8. Diberikan Syafaat pada Hari Kiamat

Diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah bersabda:

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: " Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al Waqiah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah." (Tsawabul A’mal, hlm 117).

9. Diberikan Ketenangan Jiwa dan Raga oleh Allah

Dalam hal ini, Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: " Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqiah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama." (Tsawabul A’mal, halaman 117).

10. Mengajarkan Tauhid kepada Umat Muslim

Dalam surat Al Waqiah mengajarkan tentang tauhid yang membuat umat muslim percaya pada Allah dan semakin membuat sesorang yakin jika semuanya sudah diatur dengan baik oleh Allah SWT termasuk dalam urusan rezeki.

(*/ Tribun-Medan.com)

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Dibaca 14 Kali Usai Sholat Ashar Diberi Kekayaan Berlimpah, Inilah Manfaat Membaca Surat Al Waqiah

LihatTutupKomentar