Tips Olah Rendang Lebaran Anti Alot


Foto: Rendang.

Detik Kabar – Kamis 13 Mei 2021, umat muslim di tanah air akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Hari Raya Idul Fitri identik dengan aneka hidangan Lebaran, salah satunya adalah daging rendang.

Ya, rendang menjadi menu makanan yang selalu hadir di meja makan saat Lebaran. Namun, sayangnya dalam mengolah daging rendang perlu perhatian khusus. Sebab, jika salah menanganinya bisa saja daging rendang akan terasa alot, hingga sulit dikunyah.

Nah, untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa mengikuti beberapa tips memasak daging sapiagar empuk seperti dilansir dari laman Livestrong.

Langkah 1

Pukul lembut dengan palu daging atau dengan pelunak tangan. Alatnya menyerupai sisir bergigi sangat panjang. Dua alat ini  tujuannya adalah untuk mematahkan serat otot yang keras yang menahan daging. Dengan dipatahkannya serat otot pada daging, membuat daging empuk. Daging yang empuk lebih cepat dimasak, artinya lebih kecil kemungkinannya untuk mengering.

Langkah 2

Marinasi daging selama 2 jam hingga semalaman untuk melunakkannya. Asam dalam rendaman yang baik membantu memecah kolagen di antara serat otot, mengubahnya menjadi gelatin lunak. Marinasi juga menambah kelembaban pada daging, membantu membuatnya tetap berair.

Langkah 3

Gunakan metode memasak yang tepat. Potongan daging yang lembut bisa digoreng, atau dipanggang, potongan daging yang sangat keras seperti steak perlu direbus. Braising melibatkan memasak daging untuk waktu yang sangat lama dalam cairan seperti kaldu, air atau anggur, yang menambah kelembaban.

Langkah 4

Perhatikan waktu. Daging harus langsung dimasak selama beberapa menit setelah mengeluarkannya dari api suhu internalnya dapat naik hingga 5 hingga 10 derajat.  Perbedaan antara potongan daging yang lunak pada suhu 65,5 derajat Celcius dan 71,1 derajat Celcius adalah perbedaan antara barely medium dan hampir well-done.

Langkah 5

Daging dapat berubah warna menjadi coklat sebelum mencapai suhu yang aman dan juga bisa berwarna merah muda setelah mencapai puncak kelembutannya. Masukkan termometer baca instan ke bagian daging paling tebal untuk mendapatkan hasil pembacaan yang akurat. Daging sapi aman dikonsumsi pada suhu 60 derajat Celcius dan mulai menjadi keras pada suhu lebih tinggi dari 76 derajat celcius.

Hal yang kamu butuhkan
- Palu atau pelunak
- Marinasi
- Timer
- Termometer baca instan

Tips
Pelajari potongan daging mana yang membutuhkan metode memasak yang pas sehingga kamu akan selalu tahu cara terbaik untuk menyiapkannya.

Peringatan
Jangan biarkan daging meresap di konter semalaman atau bakteri dapat berkembang.


Sumber: https://www.viva.co.id/ramadan/1372157-tips-olah-rendang-lebaran-anti-alot?headline=1

LihatTutupKomentar