Terkait Serangan Hama Lalat di Kuala Batee, Ini Langkah yang Dilakukan Dinas Kesehatan Abdya
Foto: Salah seorang warga di Lhok Gajah, Kuala Batee memperlihatkan hama lalat yang masuk dalam perangkap, Selasa (18/5/2021). (SERAMBINEWS.COM/RAHMAT SAPUTRA)

Laporan Rahmat Saputra I Aceh Barat Daya

Detik Kabar, BLANGPIDIE - Dinas Kesehatan Aceh Barat Daya (Abdya) menurunkan tim untuk melakukan pengecekan sumber hama lalat yang menyerang warga Kuala Batee.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Abdya, Safliati SST MKes merespons terkait keluhan sejumlah warga di beberapa Gampong di Kecamatan Kuala Batee terkait ‘serangan’ hama lalat.

Hama lalat diduga bersumber dari salah satu tempat peternakan ayam di Gampong Lhok Gajah.

“Terkait persoalan itu, tim kita bersama pihak puskesmas Kuala Batee sudah turun ke lokasi untuk melihat sumber lalat, dan memantau dampak dari banyaknya lalat bagi masyarakat setempat,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Abdya, Safliati SST MKes saat dikonfirmasi Serambinews.com, Selasa (18/5/2021).

Ia mengakui, bahwa hama lalat sangatlah berbahaya bagi kesehatan manusia, karena hama lalat tersebut akan melakukan pencemaran bakteri melalui makanan dan air, yang tidak terlihat dengan mata telanjang.


“Ketika sudah tercemar, maka takut terjadinya, masyarakat akan muntah, mencret, pembengkakan pada perut, dan sejumlah penyakit lainnya,” ungkapnya.

Terkait persoalan itu, Safliati mengaku sudah melalukan koordinasi dengan Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup setempat, untuk langkah antisipasi semakin menyebarnya hama lalat tersebut.

Hal itu dilakukan, mengingat beberapa alat penunjang berada pada Dinas Perkim dan LH.

“Sebenarnya persoalan hama lalat ini, banyak dinas terkait, tapi kami sudah koordinasi dengan dinas Perkim bidang Lingkungan Hidup, untuk melakukan langkah-langkah pengusiran lalat ini,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah warga di beberapa Gampong di Kecamatan Kuala Batee mengeluhkan ‘serangan’ hama lalat.

Hama lalat diduga bersumber dari salah satu tempat peternakan ayam di Gampong Lhok Gajah. Kini, hama lalat itu sudah memasuki rumah warga.

Akibatnya, selain Gampong Lhok Gajah, sejumlah Gampong tetangga seperti, Gampong Ie Mameh, Gampong Rumah Panjang, Gampong Keude Baroe, Gampong Alue Pisang, Gampong Krueng Batee, Muka Blang dan Gampong Lama Muda, juga terkena imbas dari serangan hama lalat tersebut.

Sejumlah warga meminta, pihak pengelola peternakan ayam tersebut, dan dinas terkait segera turun tangan, sebelum menimbulkan penyakit untuk warga. 

Sumber: https://aceh.tribunnews.com/2021/05/18/terkait-serangan-hama-lalat-di-kuala-batee-ini-langkah-yang-dilakukan-dinas-kesehatan-abdya

LihatTutupKomentar