Pemuka Agama Islam Dibunuh Kelompok Bersenjata Seusai Pulang dari Shalat Isya


Foto: Ilustrasi pembunuhan 

Detik Kabar, KAMERUN - Seorang Imam bernama Syekh Djamali Moussa meninggal, Selasa (18/5/2021), setelah dilakukan pengepungan oleh kelompok bersenjata. 

Karena adanya pengepungan dari pihak bersenjata, memungkinkan pasukan keamanan memerangi kelompok bersenjata dan melakukan pemburuan terhadap para pelaku.

Melansir dari Anadolu Agency, Kamis (20/5/2021) Syekh Djamali Moussa merupakan imam yang cukup terkenal dan berpengaruh di wilayah Beni, Provinsi Kivu Utara.

Ia terbunuh oleh pasukan tidak dikenal di Mavivi sekitar 15 Km dari Kota Beni, Kamerun.

Seorang saksi mata bernama Teddy Kataliko, sekaligus tokoh masyarakat kawasan terkait, menyebut saat kejadian korban sedang melakukan perjalanan pulang ke rumahnya pada malam hari.

Kejadian ini adalah pembunuhan kedua yang melibatkan imam (pemuka agama Islam) dalam waktu kurang dari satu bulan di Beni.

Sebelumnya pada Sabtu (1/5/2021) Syekh Ali Amin, yakni Imam paling berpengaruh di Beni terbunuh saat sedang memimpin shalat di Masjid Mupanda pada bulan Ramadhan.

Para pelaku belum diidentifikasi, namun kelompok ADF (kelompok pemberontak) diduga bertanggungjawab atas pembunuhan tersebut, karena sering kali telah menyerang dan melakukan pembunuhan pada warga sipil. 

Tim dari PBB telah beberapa kali melakukan pengerebakan dan menemukan kelompok tersebut menculik dan membunuh warga sipil.

Untuk menahan kelompok bersenjata, Presiden Felix Tshisekedi memerintahkan untuk dilakukan pengepungan dan penangkapan terhadap anggota kelompok pemberontak di provinsi Kivu Utara dan Ituri, yang berbatasan dengan Uganda.

Penjelasan PBB, konflik sering terjadi karena adanya eksploitasi sumber daya alam di kawasan tersebut.

Kelompok bersenjata tidak memperdulikan tuntutan politik, mereka lebih sering terlibat dalam perdagangan sumber daya alam. 

Sehingga sering terjadi bentrok, karena memperebutkan SDA di kawasan itu. 

Melansir dari News24, Kamis (20/5/2021) pemuka agama meninggal setelah ditembak setelah pulang dari melaksanakan shalat Isya di Beni.

"Sheikh Moussa Djamali ditembak saat ini kembali dari shalat Isya," kata Donat Kibuana, staf pemerintah wilayah Beni kepada AFP. (Serambinews.com/Syamsul Azman)

Sumber:  https://aceh.tribunnews.com/2021/05/20/pemuka-agama-islam-dibunuh-kelompok-bersenjata-seusai-pulang-dari-shalat-isya

LihatTutupKomentar