Pandemi, Ustaz Solmed Berikan Tips Melewati Masa-masa Sulit dalam Hidup


Foto: Ustaz Solmed dan April 

Detik Kabar - Sholeh Mahmoed Nasution atau biasa disapa Ustaz Solmed sempat mengalami krisis keuangan pada awal pandemi Covid-19.

Ustaz kondang ini bahkan harus meminjam uang kepada istrinya, Aprilia Jasmine.

Kala itu, ia pun harus menjual barang pribadinya seperti pakaian bekas, kain sarung, face shield hingga mobil pribadinya.

Lewat kanal Youtube Indosiar yang diunggah ulang oleh akun Instagram @nenk_update pada Kamis (6/5/2021), Ustaz Solmed memberanikan diri untuk menceritakan masa-masa sulit yang pernah dilaluinya saat awal pandemi Covid-19.

Dia mengaku, demi memenuhi kebutuhan hidup dan membiayai berobat ibunya pun harus meminjam uang istrinya, April Jasmine.

"Saya sampai harus meminjam uang kepada April hanya perkara Rp 200 ribu saya pinjam duit di masa pandemi ini," ujar Ustaz Sosmed dikutip dari kanal YouTube Indosiar yang diunggah kembali akun Instagram @nenk_update Kamis (6/5/2021).

"Saya pinjam uang Rp 500 ribu hanya untuk biaya berobat ibu saya, yang saya tidak punya lagi tabungan saat pandemi ini," katanya.

Lanjutnya, jika kala itu sang istri tidak memiliki uang tabungan, Ustaz Solmed pun tidak bisa memaksakan keadaan.

"Andai saat itu April, ketika saya minta lalu tidak punya uang, maka saya tidak kuasa untuk memaksa," katanya.

Beruntung, Aprilia Jasmine memiliki uang tabungan. Uang tersebut akhirnya diberikan kepada Ustaz Solmed demi bertahan hidup di tengah pandemi.

Namun dari situ, Ustaz Solmed tak menyerah.

Demi menyambung hidup, dia mulai berdagang face shield, kain sarung, pakaian bekas, hingga terpaksa menjual mobil miliknya.

"Tagihan orang datang ke rumah, saya pergi, saya mencari untuk makan. Saya cari teman-teman saya, saya jual face shield, saya jual sarung, saya bawa dagangan pakaian bekas saya," lanjut Ustaz Solmed yang hampir menitikan air mata.

"Itu semua adalah ujian, delapan bulan kita tidak tahu apa yang terjadi dari bulan Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, mobil saya jual," ungkap Ustaz Solmed.

Bangkit Lagi

Ustaz kondang itu juga bersyukur sang istri selalu memberikan dukungan di tengah krisis ekonominya.

"Kami bangkit, ini ujian,' kata Ustaz Solmed.

"Alhamdulillah, dia (April) mengeluarkan semua tabungannya untuk men-support saya di tengah kebingungan, kebimbangan, kegalauan," kata Ustaz Solmed lalu diiyakan oleh Aprilia Jasmine.

"Dan pada akhirnya Allah, bisa jadi karena doa orangtua, doa kami semua. Saya dipertemukan dengan Syech Abdul Malik yang kemudian alhamdulillah dengan izin Allah kami bangkit. Saya bisa melewati ujian yang banyak dilewati oleh orang lain, pun kami merasakannya," tuturnya.

Bilang Ini ke Istri untuk Nangis Tengah Malam

Selama berada di masa-masa sulit, Ustaz Solmed tak henti-hentinya mengingatkan sang istri untuk tidak menceritakan tentang kesulitan yang mereka alami kepada orang lain.

Pasalnya, tidak semua orang merasakan hal yang sama.

Sebagai seorang hamba, Ustaz Solmed mengajarkan kepada istrinya untuk terus berdoa dan meminta pertolongan kepada Allah SWT.

Bahkan keduanya tak tanggung-tanggung untuk menangis di tengah malam.

"Dan saya selalu melarang kepada istri saya, jangan pernah cerita apapun masalah hidup kita, karena belum tentu orang merasakan hal yang sama sama orang," kata ustaz Solmed.

Tips Melewati Masa-masa  Kesulitan Ekonomi dalam Hidup ala Ustaz Solmed

Pada kesempatan yang sama, Ustaz Solmed tak hanya mengeluh tentang kesusahan yang pernah dialaminya kala itu.

Tetapi, ia juga memberikan tips rahasia ampuh untuk bisa melewati masa-masa sulit tersebut.

Berikut ini cara ampuh versi Ustaz Solmed untuk bisa melewati fase kesulitan dalam hidup, dirangkum Serambinews.com dari kanal YouTube Indosiar.

1. Harus Merahasiakan Kesulitan

Berhasil melewati masa-masa sulit yang dialami keluarga Ustaz Solmed, ia pun membeberkan rahasia agar bisa keluar dari zona tersebut.

Salah satu di antaranya ialah, Ustaz Solmed tidak memberitahu kesulitan yang dirasakannya kepada orang lain.

Begitupun dengan sang istri, Aprilia Jasmine dituntut untuk tidak menceritakan kesusahan yang dirasakan keluarga mereka kepada siapapun.

Bahkan menurutnya, kala itu tak ada satu pun yang mengetahui jika dirinya tengah dilanda kesulitan ekonomi.

"Tidak ada yang tahu mungkin satu Indonesia, dan saya melarang sama istri, saya bilang sama istri jangan pernah cerita perkara hidup kita ke orang," kata Ustaz Solmed.

2. Ngadu dan Minta Pertolongan kepada Allah SWT

Sebagai seorang pendakwah, Ustaz Solmed tak terlepas dari nasihat-nasihat yang berbau agama.

Berhasil melalui fase tersulit dalam hidupnya, Ustaz berusia 37 tahun ini membeberkan rahasia lainnya yang biasa dilakukannya setiap hari kala itu.

Ungkapnya, ia rutin bermohon diri dan bermunajat setiap malam kepada Allah SWT. Bahkan, saat melakukan hal tersebut, Ustaz Solmed dan Aprilia Jasmine sempat menangis.

"Kita ngadu ke Allah, kita menangis setiap hari setiap malam, kami bermunajat kepada Allah setiap malam, kami minta pertolongan Allah," pungkasnya sambil disambut tangisan Aprilia Jasmine.

3. Jangan Posting Kesulitan di Media Sosial

Delapan bulan berhasil melalui ujian yang diberikan kepadanya, Ustaz Solmed mengaku tidak pernah menceritakan atau mengungkapkan permasalah hidup yang dialaminya lewat media sosial.

Bahkan, Ustaz Solmed juga turut melarang istrinya untuk tidak melakukan hal yang sama.

"Alhamdulillah karena kenapa makanya saya larang istri dan diri saya untuk memposting apa pun yang berkaitan  tentang persoalan hidup," katanya.

Bukan hanya larangan semata, Ustaz Solmed mebeberkan alasan dibalik larangan tersebut.

Menurutnya, segala kesulitan yang diucapkan di media sosial, suatu saat bisa saja diaminkan oleh para malaikat. Dan akhirnya, kesulitan tersebut benar-benar terjadi pada diri seseorang.

Itu sebabnya, Ustaz Solmed dan Aprilia Jasmine enggan menceritakan kesulitan di dalam hidupnya lewat media sosial.

"Karena kita takut ada kalimat yang bisa jadi kalimat itu justru diijabah, kalau aja ada kalimat seandainya 'kasihan dia ya', 'susah juga dia ya', 'kok jadi miskin gini dia ya', kalau ada malaikat yang mengaminkan bagaimana?," ucapnya.

Bahkan, di tengah kesulitan sekalipun, Ustaz Solmed terlihat sangat tegar dan seolah-olah tidak terjadi apa-apa.

"Tidak terjadi sesuatu pada kami sehingga mungkin orang pada saat itu mengatakan 'enak ya jadi Solmed di tengah pandemi tidak terjadi apa-apa,' malaikat bisa jadi mengaminkan.

Itu resep buat semuanya, bertahanlah sampai pertolongan itu datang." pungkasnya. (Serambinews.com/Firdha Ustin)


Sumber: https://aceh.tribunnews.com/2021/05/07/sempat-bangkrut-karena-pandemi-ustaz-solmed-berikan-tips-melewati-masa-masa-sulit-dalam-hidup

LihatTutupKomentar