Netizen Singgung Penyakit Ain dalam Postingan Aurel Keguguran, Apa itu Penyakit Ain?

Foto: Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar

Detik Kabar -- Anak penyanyi dan anggota DPR Krisdayanti, Aurel Hermansyah keguguran. Dia pun mengumumkan hal tersebut di Instagram-nya.

"Innalillahi Wa Innailaihi Roji'un. Selamat jalan anakku sayang.. doain mama & papa dr surga ya," tulis Aurel di Instagram-nya seperti dilihat Rabu (19/5/2021).

Aurel kemudian mengunggah sebuah video yang menjelaskan kronologi dirinya mengalami keguguran. Dalam video tersebut, pasangan yang menikah pada 3 April 2021 itu tak bisa menahan kesedihan mereka.

"Sudah cek darah segala macam, intinya anakku, anak istriku sudah....," kata Atta Halilintar tak meneruskan kalimatnya.

Aurel Hermansyah tidak bisa membendung air matanya. Ia menjelaskan bahwa tubuhnya sempat merasa kesakitan ketika terjadi kontraksi sekaligus pendarahan. Aurel seperti merasakan janin yang dikandung keluar dari tubuhnya.

"Terus pas pulang ke rumah tuh udah agak banyak darahnya. Karena kontraksi, pokoknya itu sakit. Ternyata pas sakit itu sepertinya dia (janin) keluar," jelas Aurel sambil menangis.

Di tengah musibah yang terjadi, sejumlah warganet mengingatkan Aurel dan Atta untuk tidak mengumbar kehidupan pribadi mereka. Karena ada risiko penyakit ain.

"Jangan dikit" konten, penyakit ain itu nyata," komentar akun @corryanas*****

"Apa karna ain yah kak? pernah denger ain itu kek gak boleh di update janin yang masih kecil, nanti pas udah berapa bulan baru boleh gak ppa," ujar @auliaa*****

Lalu apa sih penyakit ain yang dibicarakan netizen?

Penyakit ain adalah penyakit yang ditimbulkan oleh pandangan dari seseorang, baik itu pandangan hasad, dengki, maupun takjub. Dikutip dalam buku 'Thibbun Nabawi" oleh M Saifudin Hakim dan Siti Aisyah Ismail disebutkan bahwa penyakit ain masuk ke dalam golongan non medis.

Dalam hadits riwayat Muslim nomor 2187, Rasulullah SAW bersabda,
"(Pengaruh) 'ain itu nyata (benar)." (HR. Muslim).

Dijelaskan oleh Al Lajnah Ad Daimah:

Arab: مأخوذة من عان يَعين إذا أصابه بعينه ، وأصلها : من إعجاب العائن بالشيء ، ثم تَتبعه كيفية نفْسه الخبيثة ، ثم تستعين على تنفيذ سمها بنظرها إلى المَعِين

Artinya: ain dari kata 'aana - ya'iinu yang artinya: terkena sesuatu hal dari mata. Asalnya dari kekaguman orang yang melihat sesuatu, lalu diikuti oleh respons jiwa yang negatif, lalu jiwa tersebut menggunakan media pandangan mata untuk menyalurkan racunnya kepada yang dipandang tersebut. (Fatwa Al Lajnah Ad Daimah, 1/271).

Penyakit ain dapat menyerang siapa saja, tidak hanya anak-anak tetapi juga ibu hamil dan orang tua.

Sumber: https://wolipop.detik.com/hijab-update/d-5575187/tentang-penyakit-ain-yang-disebut-netizen-dalam-postingan-aurel-keguguran?tag_from=wpm_cb_lifestyle_3&utm_source=detik.com&utm_medium=referral

LihatTutupKomentar