Geger, Khatib Idul Fitri Dibunuh Secara Sadis oleh Jemaahnya
Foto: Lokasi pembunuhan sadis Khatib Idul Fitri di Jambi. (VIVA/Syarifuddin)

Detik Kabar – Jatmiko (40 tahun) seorang Khatib Idul Fitri di Desa Sidorukun Kecamatan Rimbo Ulu Kabupaten Tebo, Jambi dibunuh secara tragis. Pembunuhan itu  dilakukan oleh seorang pria yang masih satu desa dengan korban.

Informasi dihimpun VIVA, pelaku pembunuhan diketahui bernama Sumardi (49 tahun). Motif pembunuhan itu dilakukan karena kesal mengubah syariat Islam saat Idul Fitri, dan melihat sang Khatib seperti itu langsung dendam hingga sampai membunuhnya secara tragis. 

Kasat Reskrim Polres Tebo AKP Marhara Tua Siregar saat dikonfirmasi membenarkan ada seorang pria ditangkap karena membunuh seorang Khatib Idul Fitri dan sudah ditahan. 

"Ya benar ada, seorang pria membunuh Khatib Idul Fitri yang dilaksanakan tanggal 13 Mei 2021 lalu," ujarnya.

Marhara mengatakan, pembunuhan itu dilakukan di depan anak korban, tepatnya Sabtu sore, 22 Mei 2021, sekitar pukul 16.30 WIB.

Saat itu korban berjalan menuju ke warung, sedangkan pelaku yang melihat korban berjalan langsung mengambil parang panjang setelah itu membacok korban berkali-kali disekujur tubuh korban sampai tewas menggenaskan. 

"Korban dibacok sampai korban tewas menggenaskan setelah itu langsung pergi meninggalkan korban," jelasnya, pada Senin, 24 Mei 2021.

Marhara mengatakan, sebelum korban dibunuh, awalnya pelaku mendatangi korban di rumahnya karena tidak senang saat ia menjadi Khatib Idul Fitri. Pelaku kemudian menanyakan alasan korban mengubah syariat Islam sewaktu menjadi Khatib Idul Fitri.

Namun, usai mendengar pertanyaan dari pelaku itu, korban langsung pergi meninggalkan pelaku. 

"Karena tidak diacukan, pelaku langsung emosi dan tepat Sabtu sore, korban langsung dibunuh," jelasnya.

Usai mendengar peristiwa pembunuhan itu, pihak Polres Tebo langsung melakukan penyelidikan dan tidak waktu lama dari waktu kejadian, pelaku langsung ditangkap. 

"Hanya beberapa jam pembunuhan terjadi, kita langsung tangkap pelaku," katanya. 

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1374978-geger-khatib-idul-fitri-dibunuh-secara-sadis-oleh-jemaahnya?headline=4

LihatTutupKomentar