Sedih! Beli Ayam Bakar untuk Buka Puasa di Kosan, Ayamnya Masih Mentah
Foto: Facebook Ariza Mahmood/LobakMerah

Detik Kabar, Jakarta - Murid ini menjalani bulan ramadan jauh dari orang tua. Kisahnya beli ayam bakar untuk buka puasa di kosan ini, mengundang rasa simpati netizen.

Hampir semua orang memilih untuk menjalankan ibadah puasa di rumah bersama keluarga. Tapi bagi mereka yang menempuh pendidikan jauh dari kampung halaman, mereka harus menjalankan puasa di asrama atau di kos. 

Ditambah dengan masa pandemi, yang semakin membatasi orang-orang untuk berpergian ke kampung halaman.

Seperti kisah seorang murid SMA yang harus tinggal di asrama atau kosan dekat sekolah mereka. Salah satu guru asal Kelantan, Malaysia, Aniza Mahmood membagikan satu video yang viral.

Di dalam video itu terlihat nasi putih, dengan potongan ayam yang masih mentah. Ayam itu hanya dibaluri kecap, dan tidak dimasak sama sekali.

Rupanya makanan ini merupakan menu buka puasa di hari pertama, yang dibeli oleh salah satu muridnya dengan uang yang terbatas.

"Kasihan sama anak-anak yang tinggal di asrama dan kosan. Beli makanan untuk buka puasa malah dapat ayam mentah seperti ini. Anak-anak di sini sering menangis kalau teringat masakan di rumah mereka. Jadi sedih kalau mau masak yang enak-enak, soalnya jadi teringat anak yang merantau jauh dari rumah," tulis Aniza.

Di video itu, Aniza menyuruh salah satu muridnya yang kecewa dengan menu buka puasanya. Potongan ayam mentah masih sangat lembek, dan tentunya tidak bisa dimakan sama sekali.

Aniza menyangka bahwa sang penjual lupa memanggang ayam tersebut. Lalu memasukkan potongan ayam mentah ke paket makanan yang dibeli muridnya tersebut.

Menanggapi hal ini, banyak netizen yang langsung simpati dan sedih.

"Yaampun kasian sekali. Itu memang ayam mentah yang belum dimasak sama-sekali. Sepertinya hanya dicelupkan kecap saja, dan langsung dibungkus. Beda sama ayam bakar yang belum matang. Ini dari luar saja sudah terlihat kalau masih daging mentah. Kok ada penjual makanan seperti ini?" kritik netizein.

"Sedih lihatnya. Anak-anak ini sudah berpuasa seharian penuh, membayangkan makanan enak ketika berbuka. Tapi malah dapat makanan seperti ini? Tidak ada otaknya penjual makanan ini. Saya jadi geram," komen netizen.

"Ini kayanya penjualnya lupa untuk membakar ayamnya. Ya Allah kasihan," pungkas netizen lainnya.

Tak hanya di Malaysia, momen serupa juga sering menimpa para perantau di Indonesia. Beberapa waktu yang lalu, netizen sempat berbondong-bondong mmebagikan tips hemat makan selama mereka jadi anak kos.

Mulai dari beli gorengan yang cabe rawitnya digunakan untuk sambal. Kemudian beli snack yang dimakan dengan nasi, sampai makan nasi putih dengan bubuk penyedap rasa. 

LihatTutupKomentar