Sebentar Lagi Puasa, Berikut Doa Menyambut Ramadhan Sesuai Sunnah, Dibaca Waktu Maghrib


Foto: Ilustrasi

Detik Kabar  - Sebentar lagi umat Islam akan menyambut puasa Ramadhan 1442 hijriah atau Ramadhan 2021.

1 Ramadhan 1442 H akan dimulai pada hari Senin 12 April 2021, setelah masuk waktu Maghrib.

Sementara puasa Ramadhan akan mulai dilaksanakan pada Selasa 13 April 2021.

Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, ada doa yang bisa dibaca sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW.

Berikut lbacaan doa sambut Ramadhan yang disampaikan oleh Ustadz Adi Hidayat:

اللهم أهله علينا باليمن والإيمان والسلامة والإسلام ربي وربك الله

Allahumma ahillahu ‘alainaa bil yumni wal Imani wassalamati wal islami Rabbi wa Rabbukallahu.

Artinya: “Ya Allah mohon hadirkan awal ramadhan kepada kami dengan penuh ketentraman, dan dengan penuh kekuatan iman, sehat dan selamat, dan dengan kekuatan islam Rabbi wa Rabbukallahu.”

Setelah berdoa, kamu bisa berbagi ucapan kepada teman, saudara, orangtua dan keluarga.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah 30 kumpulan kata-kata mutiara ucapan selamat beribadah puasa yang menyentuh hati.

1. Jika semua harta adalah racun, maka zakat adalah penawarnya. Jika seluruh umur adalah dosa, maka takwa dan tobat adalah obatnya. Jika seluruh bulan adalah noda maka Ramadhan adalah pemutihnya.

Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa 1442 H.

2. Ibarat roda yang berputar, tak terasa debu dan kerikil mengotori pula menggoresnya. Begitulah perjalanan hidup kita tak pernah luput dari berbagai kesalahan dan menjadi noda.

Maka di bulan yang suci dan penuh rahmat ini, mari kita maksimalkan ibadah kita. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1442 H.

3. Sekapur sirih berulam pinang, siap tersaji sebagai hidangan. Bulan Ramadhan segera datang, khilaf kata dan salah terucap, mohon dimaafkan. Selamat menunaikan ibadah puasa 1442 H.

4. Fajar Ramadhan segera menghampiri dunia, selembar sutra menghapus noda, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa di bulan yang suci.

Selamat menunaikan ibadah puasa 1442 H, mohon maaf lahir batin. Semoga amal kita diterima di sisi Alllah SWT. Amiin

5. Jika hati seputih awan, jangan biarkan ia mendung. Jika hati seindah bulan, hiasi dengan senyuman. Selamat menyambut ibadah puasa. Mohon dimaafkan khilaf dan salah, lahiriah dan batiniah. Marhaban ya Ramadhan.

6. Matahari berdzikir, angin bertasbih dan pepohonan memuji keagungan-Mu. Semua menyambut datangnya malam Seribu Bulan.

Selamat datang Ramadhan 1442 H. Selamat beribadah puasa. Mohon Maaf Lahir dan Batin.

7. Gersang bumi tanpa hujan, gersang akal tanpa ilmu, gersang hati tanpa iman, gersang jiwa tanpa amal. Marhaban Ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa 1442 H, mohon maaf lahir dan batin.

8. Pucuk selasih bertunas, menjulang dahannya patah tolong betulkan. Puasa Ramadan kembali menjelang, salah dan khilaf mohon dimaafkan. Marhaban yaa Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa 1442 H.

9. Bila lisan yang berucap buruk menoreh luka, bila kata yang dusta mengusik hati, dan bila tingkah yang tak menyenangkan membawa duka, mohon maafkan lahir dan bathin. Mari kita kembali kepada-Nya.

Marhaban yaa Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa 1442 H.

10. Andai jemari tak sempat berjabat,
jika raga tak bisa bersua,
bila ada kata membekas luka,
semoga pintu maaf masih terbuka. Selamat Ramadhan 1442 H.

11. Sebelum cahaya padam, sebelum hidup akan berakhir, sebelum pintu taubat tertutup, sebelum Ramadhan datang, mohon maafkan lahir dan juga bathin. Marhaban ya Ramadhan.

12. Sebelas bulan berlalu dan kini aku kembali berjumpa denganmu. Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah dan ampunan. Saatnya menyucikan hati dan membersihkan diri.

Semoga kita termasuk orang-orang yang berhasil di bulan puasa ini dan mendapat ridho-Nya. Selamat Ramadhan 1442 H, mohon maaf lahir dan batin.

13. Jika tenggorokan bisa haus akan air, hati juga bisa haus akan hidayah. Semoga Ramadhan kali ini mengobati hati yang dahaga. Marhaban ya Ramadhan, selamat menunaikan ibadah puasa 1442 H.

14. Dalam kerendahan hati, ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta, ada kekayaan jiwa. Hidup ini terasa indah jika ada maaf. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

15. Bila hati saling terpaut, rasa cinta kan terjalin indah. Bila ada salah dan khilaf terjadi, mohon maafnya lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

16. Lidah memang tak bertulang. Tiada kita terasa patah ketika berucap. Jika ada hati yang patah karenanya, mohon maaf untuk segala perkataan yang menyakitkan.

Marhaban ya Ramadhan, selamat menunaikan ibadah puasa 1442 H

17. Tiada kebahagiaan tanpa syukur.
Tiada rasa syukur tanpa sabar.
Tiada sabar tanpa maaf.
Marhaban ya Ramadan.
Mohon maaf lahir dan batin.
Selamat menunaikan ibadah puasa.

18. Selembut embun di pagi hari, tengadah tangan sepuluh jari, ucapkan salah setulus hati, mari kita bersama berbenah diri, di bulan Ramadan yang suci. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

19. Tak ada kata seindah zikir, tak ada bulan seindah Ramadan. Izinkan kedua tangan bersimpuh maaf untuk lisan yang tak terjaga, janji yang terabaikan, hati yang selalu berperasangka dan sikap yang pernah menyakitkan.

Maaf lahir batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.

20. Diawali dengan Bismillah, menyambut bulan penuh berkah. Mari tingkatkan keimanan dan takwa. Semoga diampunkan segala dosa. Marhaban ya Ramadhan 1441 H. Selamat menunaikan ibadah puasa.

21. Dalam kesakitan, teruji kesabaran. Dalam perjuangan, teruji keikhlasan. Dalam ukhuwah, teruji ketulusan. Dalam tawakal, teruji keyakinan. Hidup ini indah jika Allah menjadi tujuan.

Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.

22. Tiada kemenangan tanpa zikrullah. Tiada amal tanpa keikhlasan. Tiada ampunan tanpa maaf sesama. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa 1442 H.

23. Setitik tinta jadi noda. Setitik salah jadi dosa. Bulan penuh berkah segera tiba. Mari tekun ibadah di bulan puasa. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.

24 Bila ada langkah membekas lara, ada kata merangkai dusta, ada tingkah menoreh luka, Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

25. Untuk lisan yang tak terjaga, janji yang tak terpenuhi, hati yang kerap berprasangka, dengan penuh keikhlasan mengucapkan mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.

26. Kemarau rindu hujan, akal rindu ilmu, jiwa rindu iman, dan setiap insan rindu Ramadhan. Selamat datang Ramadhan 1442 H, selamat berpuasa untuk sahabat Muslimku.

27. Saatnya membersihkan jiwa yang berjelaga. Saatnya kembali kepada-Nya dan mensyukuri indah kemurahanNya. Saatnya merenenungi diri.

Bersama kita leburkan kekhilafan dengan shaum, amalan shalih dan keikhlasan dalam jiwa. Marhaban ya Ramadhan, selamat menunaikan ibadah puasa 1442 H.

28. Terselip khilaf pada canda, ada luka tergores pada tawa, terbelit pilu pada tingkah, tersinggung rasa dalam bicara. Mari kita saling memaafkan sebelum bulan suci Ramadhan kita masuki.

Semoga kita tetap setia dalam satu jalur, satu doa, satu tujuan: menggapai ridha Allah SWT.

29. Hati akan gelap tanpa iman. Allah hadir kan satu bulan penuh keberkahan bernama Ramadhan. Semoga Ramadhan menjadi penerang hati dan penguat iman.

Marhaban ya Ramadhan, selamat menunaikan ibadah puasa 1442 H.

30. Kalau jerami di dalam lesung, tukar dengan padi berisi.
Meski tidak dapat bertemu langsung, izinkan pesan singkat jadi pengganti.
Petikan kecapi mengiringi lagu, lagu dinyanyikan gadis perawan. Sampailah Ramadhan yang di ambang pintu, salah khilaf mohon dimaafkan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

Demikian kumpulan kata-kata mutiara ucapan selamat menyambut ibadah puasa Ramadhan 2021 yang menyentuh hati.

Jadikan kata-kata mutiara indah tersebut sebagai inspirasi untuk saling berbagi kebahagiaan bulan yang penuh keberkahan ini. (Serambinews.com/Yeni Hardika)

sebagian Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul Doa Menyambut Ramadhan Sesuai Sunnah, Baca di Hari Senin 12 April 2021 Waktu Maghrib

LihatTutupKomentar