Viral Aksi Elegan Wanita yang Disebut Penerjemah Tercantik di KTT Alaska
Foto: Handout

Detik Kabar, Jakarta - Seorang penerjemah menjadi perbincangan netizen karena aksi dan penampilannya. Adalah Zhang Jing, translator yang belakangan viral di media sosial China. Ia mendapat pujian dari publik karena kemampuannya menerjemahkan dalam level tinggi. Selain kepintarannya dalam menginterpretasi, visual Zhang Jing juga menarik perhatian karena terlihat cantik dan elegan.

Zhang Jing adalah penerjemah berpengalaman yang baru-baru ini mendapat atensi karena kemampuannya saat bekerja untuk pertemuan antara China dan AS di KTT Alaska. Dalam perdebatan yang berlangsung panas selama dua hari tersebut, ia memegang peranan penting dalam menyampaikan opini dari pihak China terkait kebijakan luar negeri. 

Wanita tersebut pertama kali menarik perhatian saat menerjemahkan pidato pembukaan dari Yang Jiechi sebagai ahli kebijakan luar negeri China ke bahasa Inggris. Para penonton pun terkagum dengan aksi interpreter yang dianggap akurat dan elegan dalam mentranslasi 'serangan' selama 16 menit tersebut. Karena terbukti jika interpreter tak hanya dibutuhkan kemampuan bahasa saja tapi juga kepandaian emosional.

Tak hanya dipuji oleh orang-orang awam, aksi Zhang Jing bahkan mendapat acungan jempol dari Sekretaris Negara AS Antony Blinken yang mengatakan "Kami akan memberikan penerjemahnya kenaikan gaji,"

Zhang Jing sendiri adalah wanita lulusan Sekolah Bahasa Hangzhou di 2003 dan lulus ujian pegawai negeri hingga pelatihan militer. Ia kemudian melanjutkan studi jurusan Bahasa Inggris di Universitas Luar Negeri China dan Divisi Bahasa Inggris dari Kantor Terjemahan Kementerian Luar Negeri China hingga meraih gelar master di Inggris.

Berbekal pendidikan tinggi, tak heran jika ia bisa dengan mudah menerjemahkan bahasan-bahasan sulit dan terpilih sebagai salah satu dari 200 translator yang diterima oleh Kementerian Luar Negeri. Publik pun semakin terkagum ketika mengetahui latar belakang akademis dan kegigihannya dalam belajar karena merupakan mahasiswa berprestasi yang dapat beasiswa.

Video yang menunjukkannya aksi Zhang Jing saat menerjemahkan mendapat perhatian di media sosial Sina Weibo dan sudah dilihat lebih dari 400 juta kali.

"Zhang Jing membantu menyampaikan suara China kepada dunia melalui kemampuannya dan dibandingkan dengan translator AS, performanya lebih baik. Dia juga menunjukkan kekuatan dari wanita-wanita China," "Translator China sangat elegan, tidak merendah atau arogan," tulis netizen. 


Sumber: https://wolipop.detik.com/worklife/d-5507175/viral-aksi-elegan-wanita-yang-disebut-penerjemah-tercantik-di-ktt-alaska?tag_from=wpm_cb_lifestyle_2&utm_source=detik.com&utm_medium=referral

LihatTutupKomentar