Otak Pencurian Rumah Mewah Kedoya Modus Bongkaran Ngaku Kepercayaan Pemilik

Foto: Kapolsek Kebon Jeruk Kompol Robinson Manurung (Karin/detikcom)

Detik Kabar, Jakarta - Polisi masih mengejar otak pencurian di rumah mewah Kedoya, Jakbar, yang membongkar keramik hingga perabotan di dalamnya. Pelaku berinisial A mengaku kepada pelaku lain sebagai orang kepercayaan pemilik rumah.

Kapolsek Kebon Jeruk Kompol Robinson Manurung menjelaskan nama si A ini muncul setelah polisi menangkap S, yang berusaha jual-beli material bekas. Dalam aksinya ini, si A meyakinkan S bahwa dirinya adalah kepercayaan pemilik rumah, sehingga meminta S mencarikan kuli bangunan untuk membongkar rumah korban.

"Karena si A (otak pencurian) ini dia bilang kalau dia ini kepercayaan pemilik," ujar Kompol Robinson Manurung kepada wartawan, Rabu (24/3).

Dijelaskan Robinson, awalnya polisi menangkap tiga pelaku yang bekerja sebagai kuli bangunan. Mereka ditangkap saat sedang membongkar rumah mewah tersebut.

"Jadi yang pertama yang tiga (pelaku), kita amankan pada saat korban datang ke Polsek (buat) laporan. Kita datang ke TKP, mereka masih ada di sini yang tiga orang berikut mobil pikap yang berisi kayu juga kusen," jelas Robinson.

Dari ketiga pelaku ini diketahui ada dua pelaku lainnya yang berperan menyuruh ketiganya. Keduanya adalah ND dan S, yang sering bertransaksi jual-beli material bekas.

"Kemudian, setelah di Polsek, kita tanya mereka atas suruhan siapa. Mereka mengaku atas suruhan ND. ND kita amankan di rumahnya, ND ini dapat dari siapa, dari S, S kita amankan juga," jelas Robinson.

Dari pelaku berinisial S, diketahui masih ada satu aktor utama yang saat ini dalam pengejaran polisi, yaitu berinisial A. Kepada pelaku S, si A mengaku sebagai orang kepercayaan pemilik rumah.

"Terakhir kita tanya S dari siapa, dari inisial A yang masih kita kejar," tuturnya.

Sedangkan menurut ahli waris yang sudah diperiksa oleh kepolisian, mereka menyebut tidak mengenal para pelaku pencurian dan pembongkaran rumah tersebut.

Saat ini polisi masih mengembangkan kasus tersebut. Polisi juga masih mencari barang bukti yang dicuri para pelaku. 


Sumber: https://news.detik.com/berita/d-5505622/otak-pencurian-rumah-mewah-kedoya-modus-bongkaran-ngaku-kepercayaan-pemilik?tag_from=wpm_nhl_16

LihatTutupKomentar