Mahasiswi yang Dicabuli Kapten Kapal di Sultra Sudah 3 Bulan Magang Jadi ABK
Foto: Kapten kapal dikeroyok massa karena diduga mencabuli mahasiswi yang magang menjadi ABK. (Screenshot video viral)

Detik Kabar, Konawe - Mahasiswi yang berkali-kali dicabuli hingga hendak diperkosa kapten kapal berinisial AK ternyata sudah 3 bulan magang menjadi ABK di kapal AK. Selama magang, korban terus berjuang agar tak diperkosa AK.

"Kalau nggak salah sudah sekitar 3 bulan (korban magang di kapal tersangka)," kata Kapolsek Bondoala, Konawe, Ipda Reginald Sujono saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (15/3/2021).

Reginald mengatakan kapal yang dinakhodai kapten AK adalah kapal jenis tugboat atau kapal penarik. Namun upaya pemerkosaan disebut selalu dilakukan AK saat kapal penarik tongkang itu berlabuh di Pelabuhan Muara Sampara, Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

"Tapi kejadiannya pelaku mencoba mencabuli korban ketika kapal sedang berlabuh," katanya.

Dari penelusuran polisi, AK diketahui berkali-kali melakukan upaya pemerkosaan kepada korban. Namun korban terus menghindar. Pelaku juga selalu mengajak korban bertemu di sebuah kamar di kapal dengan modus ingin curhat.

Selanjutnya, korban selalu bisa mencari-cari alasan untuk menghindar setelah menerima aksi tidak senonoh pelaku.

"Upayanya (korban menghindar) kalau sesuai BAP (berita acara pemeriksaan) kan, sering buat alasan pergi memasak, mencuci piring atau pergi beres-beres," kata Reginald.

Meski kerap berhasil menghindar, kata Reginald, korban tak pernah merasa benar-benar aman di atas kapal. Hal ini karena AK justru semakin lancang sehingga korban melapor ke orang tuanya.

"Korban sudah memprediksi bahwa aksi cabul pelaku sudah menjurus ke aksi pemerkosaan sehingga dia melapor ke ayahnya kemudian diketahui juga sama senior-seniornya," jelas Reginald.

Atas perbuatannya, kapten kapal AK dijerat polisi dengan Pasal 294 ayat 2 KUHP tentang Pencabulan, dengan ancaman penjara di atas 5 tahun. 

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-5493826/mahasiswi-yang-dicabuli-kapten-kapal-di-sultra-sudah-3-bulan-magang-jadi-abk?tag_from=wpm_nhl_34

LihatTutupKomentar