Kedai Makan Ini Curhat Kehilangan Uang untuk Tarik Pelanggan
Foto: Instagram @dapurbundamasakankhasjakarta

Detik Kabar, Jakarta - Sebuah kedai makan di Bali punya cara unik untuk menarik perhatian pelanggan. Mereka melakukan promosi dengan cara curhat kehilangan uang senilai Rp 10.000.

Promosi penting dilakukan oleh para pelaku bisnis kuliner untuk meningkatkan penjualan. Promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari memberi diskon, flash sale, cashback dan masih banyak lagi.

Namun, berbeda dengan kedai makan yang berada di Bali. Kedai tersebut bernama Dapur Bunda yang berlokasi di Jalan Tukad Badung No.102, Denpasar, Bali. Kedainya menjadi viral karena mempunyai cara unik untuk promosi.

Alih-alih memberikan potongan harga, kedai yang beroperasi sejak 2010 itu justru curhat kehilangan uang senilai Rp 10.000 untuk menarik pelanggan. Curhatan itu dicetak dalam banner dan dipajang di depan kedainya.

"Dicari uang hilang Rp 10.000. Bila menemukan akan mendapatkan imbalan 1 porsi Indomie goreng mangkok pangsit. Hubungi Dapur Bunda," tulisnya dalam banner.

Jika diteliti dengan benar, curhatan tersebut sama saja mengajak orang-orang untuk datang ke kedainya. Jadi, ketika ada seseorang yang berpura-pura menemukan uang Rp 10.000 dan mengembalikannya ke kedai, ia diberikan seporsi mie, sama saja orang itu membeli mie.

Dalam artian seporsi mie tersebut memang dibanderol dengan harga Rp 10.000. Kedai makan tersebut pun viral setelah banner promosinya diunggah di akun-akun Instagram, salah satunya akun @jeg.bali.

Dihubungi detikcom (23/03) Herna selaku pemilik kedai makan mengaku tak menyangka banner promosinya menjadi viral. Herna mengatakan kalau melakukan promosi sangat penting di tengah pandemi.

"Ini kan pandemi ya, semua juga mengalami dampaknya. Apalagi warung makan kan pastinya mengalami penurunan. Jadi aku pikir promosi kayak gimana ya untuk menarik pelanggan," ujar Herna.

Lebih lanjut, Herna juga menceritakan inspirasi munculnya ide promosi dengan curhat kehilangan uang. Ia mengatakan kalau promosi itu terinspirasi dari kejadian yang dialami oleh temannya.

"Jadi waktu itu ketemu temen pas belanja di pasar. Dia cerita lagi kesal sama anaknya karena anaknya mienya uang Rp 10.000 untuk jajan, tapi diilangin. Nah, dari itu aku kayak langsung kepikiran aja buat jadi bahan promosi," tutur Herna.

Baru dua hari memasang banner promosi, kedai makannya sudah didatangi pelanggan yang penasaran dengan maksud tulisan tersebut. Bahkan beberapa pelanggan ada yang datang untuk memotret banner tersebut.

"Jadi yang aku promosiin itu khusus menu Indomie goreng aja. Mie goreng disajikan pakai mangkok kerupuk pangsit yang bisa dimakan sekaligus. Banyak driver ojol yang pada nanya juga," tutur Herna.

Dapur Bunda sendiri merupakan kedai makan yang menawarkan makanan khas Betawi. Ada berbagai menu yang ditawarkan, mulai dari bubur ayam, soto, gado-gado, lontong sayur, nasi kuning, nasi pecel dan lainnya. 

Sumber: https://food.detik.com/info-kuliner/d-5505381/kedai-makan-ini-curhat-kehilangan-uang-untuk-tarik-pelanggan?tag_from=wpm_cb_lifestyle_2&utm_source=detik.com&utm_medium=referral

LihatTutupKomentar