Hotel Niagara Malang Mendadak Viral, Betulkah Horor?
Foto: Instagram Hotel Niagara Malang

Detik Kabar, Malang - Hotel Niagara Malang menjadi viral di media sosial. Disebut-sebut horor.

Hotel Niagara yang berada di Lawang, Malang, Jawa Timur menjadi perbincangan. Bangunan dan ornamen serba klasik dikaitkan dengan kisah horor.

Merujuk beberapa sumber, hotel ini berada di dekat pasar Lawang dan Stasiun Lawang. Traveloka membanderol harga sewa per kamar satu malam antara Rp 199 ribu hingga 250 ribu.

Hotel Niagara Malang menawarkan fasilitas area parkir, restoran, dan laundry. Tidak ada kolam renang di hotel itu.

Dari foto-foto yang ada di situs agen perjalanan, bangunan hotel itu memang tampak lawas.

Rupanya, Hotel Niagara Malang ini memiliki cerita yang sangat fantastis, lho. Hotel itu memang hotel kuno, berdiri pada tahun 1918.

Perancangnya arsitek asal Brasil yang mengusung konsep ala Belanda, Brasil, China, dan Victoria.

Awalnya, Hotel Niagara Malang merupakan sebuah villa keluarga yang dimiliki oleh Liam Sian Joe yang merupakan seorang pengusaha berdarah Tionghoa.

Keberadaan bangunan ini menjadikan Hotel Niagara Malang dijuluki bangunan tertinggi se-Asia pada masanya. Dengan tinggi gedung sekitar 35 meter, dan terdiri dari lima lantai.



Pada tahun 1960, Liem Sian Joe menjual villa nya kepada pengusaha bernama Ong Kie Tjai sebab Liem Sian Joe memutuskan untuk tinggal di Belanda saat itu. Hingga akhirnya, Ong Kie Tjai mengubah villa tersebut menjadi Hotel Niagara pada tahun 1964.

Hotel Niagara diisukan sebagai hotel yang mistis, hal tersebut dipicu karena bangunan yang sudah berumur, dan juga beberapa mitos yang menyeramkan. Walaupun begitu, dilansir dari berbagai sumber banyak yang mengatakan bahwa hotel tersebut tidaklah mistis.

Sebaliknya, banyak sekali pengunjung yang mengatakan bahwa Hotel Niagara merupakan hotel yang sangat indah dengan pondasi yang kokoh, dan juga memiliki nuansa klasik yang amat kuat. Suasananya pun nyaman, dan bahkan jauh dari kata mistis.

Traveler yang menginap memberikan review cukup sip di hotel itu.

Harta***: Suasana tenang, nyaman, bersih dan menyenangkan.

Aman***: Hotelnya sejuk, bangunan masih asli pokoknya menyenangkan, pelayanan ramah.

Dari Tripadvisor, sejumlah traveler juga telah memberikan penilaian.

meimei***: Awalnya saya dengar hotel ini seram karena bangunannya jaman belanda. Akhirnya, saya coba juga menginap di sini. Jangan berharap kamar seperti hotel kelas bintang lima, karena di sini bangunannya cukup tua, jadi kita disuguhi kamar standart bangunan tua. Karena sebelumnya saya sudah mendengar tentang keseraman hotel ini, jadi ketika saya masuk ke sini jadi berasa ada hawa seram. Padahal, sih biasa-biasa aja. Untuk kamar mandi kurang bersih, mungkin karena bangunan tua kali ya.

Luk***: Mungkin ini salah satu hotel tertua di kawasan Malang Raya. Kalau tidak salah, hotel ini juga didirikan oleh Keluarga Sarkies yang juga mendirikan Hotel Majapahit yang terkenal itu. Tentang rumor hantu itu hanya isapan jempol belaka. Malah hotel ini sangat dekat dengan pusat keramaian Kota Lawang, cukup berjalan kaki tidak lebih dari 5 menit sudah sampai ke Pasar Lawang yang beroperasi nyaris 24 jam sehari.

Untuk informasi selengkapnya tentang Hotel Niagara Malang, traveler bisa mengakses Instagram @hotelniagaramalang atau aplikasi pemesanan hotel. Karena sedang pandemi virus Corona, selalu terapkan protokol kesehatan, ya!

Sumber: https://travel.detik.com/travel-news/d-5509673/hotel-niagara-malang-mendadak-viral-betulkah-horor?tag_from=wpm_nhl_15

LihatTutupKomentar