VIRAL Dokter Terkejut Bayi dalam Kandungan tanpa Tempurung Kepala, Ibu Idap Kencing Manis


Foto: Postingan bayi dalam kandungan tidak miliki tempurung kepala diunggah oleh pengguna Facebook Muhammad Izzat, yakni dokter berasal dari Kuala Lumpur, Malaysia 

Detik Kabar - Dokter terkejut bayi dalam kandungan tidak memiliki tempurung kepala, ternyata ibunya idap kencing manis.

Postingan bayi dalam kandungan tidak miliki tempurung kepala diunggah oleh pengguna Facebook Muhammad Izzat, yakni dokter berasal dari Kuala Lumpur, Malaysia.

Ia membagikan, momen ketika seorang ibu datang kepadanya, untuk melakukan cek kandungan.

Postingan ini diunggah pada hari Sabtu (6/2/2021).

Setelah dilihat dengan seksama dengan mesin scan, setelah mencari angle terbaik untuk melihat kepala, ternyata ini sebabnya susah mendapatkan gambaran kepala bayi.

Apa yang saya lihat ini hanyalah frog-eye sign (seperti kepala seekor katak dilihat dari atas, hanya terlihat mata saja seperti keluar karena disebabkan tempurung kepala tidak ada), orang juga memanggilnya Mickey Mouse sign.

Lama saya melihat hasil scan itu, untuk memastikan benar-benar pasti.

Seakan bayi ini tidak ada tempurung kepala (anencephaly) sehingga saya memanggil beberapa dokter lain untuk melihat sama-sama.

Semuanya sependapat.

"Ibu ada kencing manis selama ini? "

"Kalau sebelum mengandung, tidak ada, ketika mengandung saja ada kencing manis," jawab pasien.

"Setelah 6 minggu ada cek, minum air gula seperti semula, apakah ada kencing manis lagi?," tanya dokter lagi.

"Oh iya saya tidak pergi cek." jawabnya.

"Saya ada berita kurang baik, ingin diberitahukan.

"Saya memindai dalam waktu yang lama untuk memastikan persis seperti yang saya lihat. Saya berat untuk mengatakan ini. Tapi ibu perlu tahu. Bayi ini tidak normal. Cangkang kepalanya tidak terbentuk. Mohon ibu bersabar dan tenang.

"Cacat ini disebut anencephaly. Bayi dengan kondisi seperti ini adalah tulang kepala dan bagian dari otak tidak terbentuk.

"Bayi seperti ini biasanya tidak panjang umur, akan meninggal setelah lahir.

"Dalam kandungan bayi masih bisa hidup karena ada tali sentral.
"Setelah lahir, tali pusat dipotong, bagian otak terlibat penyangkalan, dia tidak bisa bernapas sendiri, meski paru-parunya normal.

Cek HbA1c = 13 %
Ya Allah diabetes ternyata Ibu hamil menderita diabetes tidak berpotensi besar bagi bayi cacat dan lainnya seperti masalah jantung.

Mengutip dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), beberapa penjelasan mengenai Anencephaly.

Apa itu anencephaly?

Anencephaly adalah cacat lahir yang serius di mana bayi lahir tanpa bagian otak dan tengkorak.

Ini adalah jenis cacat tabung saraf (NTD).

Saat tabung saraf terbentuk dan menutup, ia membantu membentuk otak dan tengkorak bayi (bagian atas tabung saraf), sumsum tulang belakang, dan tulang punggung (bagian bawah tabung saraf).

Anencephaly terjadi jika bagian atas dari tabung saraf tidak menutup seluruhnya.

Hal ini sering mengakibatkan bayi lahir tanpa bagian depan otak (otak depan) dan bagian otak yang berpikir dan terkoordinasi (serebrum).

Bagian otak yang tersisa seringkali tidak tertutup oleh tulang atau kulit.

Penyebab dan Pencegahan

Penyebab anencephaly pada kebanyakan bayi tidak diketahui.
Beberapa bayi mengalami anencephaly karena adanya perubahan pada gen atau kromosomnya.

Anencephaly juga dapat disebabkan oleh kombinasi gen dan faktor-faktor lain, seperti hal-hal yang bersentuhan dengan ibu di lingkungan atau makanan atau minuman ibu, atau obat-obatan tertentu yang ia gunakan selama kehamilan.

Mendapatkan cukup asam folat sebelum dan selama awal kehamilan dapat membantu mencegah cacat tabung saraf, seperti anencephaly.

Jika Anda sedang hamil atau bisa hamil, konsumsi 400 mikrogram (mcg) asam folat setiap hari.

Jika Anda pernah mengalami kehamilan yang dipengaruhi oleh NTD, Anda dapat berbicara dengan dokter Anda tentang penggunaan asam folat dosis tinggi sebelum kehamilan dan selama awal kehamilan.

Sejak Amerika Serikat mulai memperkuat biji-bijian dengan asam folat, telah terjadi penurunan 28% pada kehamilan yang dipengaruhi oleh cacat tabung saraf (spina bifida dan anencephaly).


Untuk mendapatkan 400 mikrogram asam folat yang direkomendasikan setiap hari, seorang wanita usia subur dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung asam folat atau makan makanan yang diperkaya dengan asam folat, atau keduanya, tergantung pada kebiasaan makannya.

Jika Anda sedang hamil atau berpikir untuk hamil, bicarakan dengan dokter Anda tentang cara-cara untuk meningkatkan peluang Anda memiliki bayi yang sehat. (Serambinews.com/Syamsul Azman)


Sumber: https://aceh.tribunnews.com/2021/02/09/viral-dokter-terkejut-bayi-dalam-kandungan-tanpa-tempurung-kepala-ibu-idap-kencing-manis

LihatTutupKomentar