Lima Terduga Teroris di Aceh Jadi Tersangka, Ditahan di Polda Aceh


Foto: Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy memperlihatkan barang bukti terduga teroris dalam konferensi pers di Mapolda Aceh, Sabtu (23/1/2021). 

Detik Kabar, BANDA ACEH - Lima terduga teroris yang ditangkap di Aceh dua pekan lalu, kini ditetapkan sebagai tersangka kasus tindak pidana teroris oleh Detesemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri.

Hal itu disampaikan oleh Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy saat dikonfirmasi Serambinews.com, Sabtu (6/2/2021).

"Mereka (terduga teroris) sudah jadi tersangka, kelimanya sudah jadi tersangka," kata Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy.

Saat ini, kelimanya masih ditahan di Polda Aceh dan dipastikan akan diboyong ke Mabes Polri untuk dilakukan proses hukum.

Polda Aceh masih menunggu arahan dan koordinasi Mabes Polri, kapan kelima tersangka itu akan dipindahkan.

"Proses hukumnya tetap di Jakarta, sampai saat ini mereka masih di Aceh. Soalnya menunggu informasi kapan digeser dari Aceh, kemarin kan yang Makassar ada yang dibawa ke sana, ini yang Aceh tinggal kita tunggu koordinasi," kata Winardy.

Winardy menyebutkan, terhadap lima terduga teroris itu, Tim Densus 88 sudah merampungkan pemeriksaan awal.

"Pemeriksaan awal sudah ini sambil menyiapkan berkas-berkas," katanya.

Ditanya apakah ada kemungkinan adanya tersangka lain dalam kasus tersebut? "Ya sementara sih belum ada," ujarnya.

Arab Saudi Tutup Ratusan Pertokoan, Melanggar Aturan Virus Corona

Cara Membuat Smoothie Wortel dan Segudang Manfaatnya, Meningkatkan Kesehatan Mata Hingga Jantung

Wanita Ini Hampir Kehilangan Semua Giginya Karena Kebiasaan Makan Jambu Biji, Dokter Ingatkan Ini

Serambinews.com juga menanyakan apakah lima terduga teroris yang dibekuk di Aceh ada kaitan dengan terduga teroris di provinsi lain? "Wah kalau itu saya tidak bisa menjawabnya," ujar Winardy.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada 20-21 Januari lalu, Densus 88 Antiteror menciduk beberapa orang di Aceh yang diduga terlibat dalam sel teroris, bahkan berencana beraksi di Aceh.

Densus mengamankan lima terduga teroris itu di sejumlah lokasi terpisah di kabupaten/kota berbeda di Aceh.

Terduga pertama yang dibekuk adalah RA (41) warga Langsa Kota dan SA alias S, pria kelahiran Kecamatan Banda Baro, Aceh Utara November 1991. Keduanya diciduk di kawasan Bintang, Aceh Besar pada Rabu (20/1/2021) sekira pukul 19.45 WIB.

Atas penangkapan RA dan SA, Densus kemudian melakukan pengembangan dan kembali menangkap terduga lainnya beinisial UM alias AA alias TA (35) warga kelahiran Kacamatan Bandar Dua, Pidie Jaya.

Yang bersangkutan dibekuk tim Densus pada Kamis (21/1/2021) sekira pukul 10.00 WIB di seputaran Pasar Ulee Kareng Banda Aceh.

Selanjutnya pada hari yang sama, tim langsung melakukan pengembangan dan kemudian menangkap SJ alias AF (40) warga kelahiran Binjai.

Dia dibekuk di Gampong Sidorejo, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa bersama satu terduga lain berinisial MY (46) yang diamankan di Jalan Ahmad Yani kelurahan Birem Puntong, di kecamatan yang sama di Kota Langsa. (*)


Sumber: https://aceh.tribunnews.com/2021/02/06/lima-terduga-teroris-di-aceh-jadi-tersangka-ditahan-di-polda-aceh

LihatTutupKomentar