Bikin Sedih, Suami Ikut Meninggal Usai Bacakan Surah Yasin untuk Istrinya, Dimakamkan dalam 1 Liang


Foto: Prosesi pemberangkatan kedua jenazah pasangan suami istri (pasutri) ke pemakaman di Kelurahan Sukorejo, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. 

Detik Kabar - Hidup dan mati manusia adalah rahasia Allah SWT. Semua orang takkan tahu kapan dia mati dan bagaimana ia akan mengakhiri hidupnya.

Oleh karena itu, kisah ada pasangan suami istri yang meninggal dunia dalam kondisi normal dan di waktu hampir bersamaan, sangat jarang terjadi.

Tak heran, kisah pasangan suami istri (pasutri) yang meninggal dalam waktu yang hampir bersamaan itu pun kerap viral di media sosial (medsos).

Hal ini seperti yang terjadi pada pasangan Haji Fathkan Sibyan dan istrinya Ummi Munawaroh, warga Kelurahan Sukorejo, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Ummi Munawaroh meninggal lebih dulu pada Jumat (5/2/2021) sekira pukul 01.30 WIB. Sedangkan suaminya Haji Fathkan menghembuskan napas terakhirnya sekira pukul 04.00 WIB, hanya berselang 2,5 jam dari meninggalnya sang istri.

Sebelum meninggal, Ummi diketahui sakit kedinginan serta sesak napas, sebagaimana penyakit pada orangtua. Sementara, Haji Fathkan terlihat sehat seperti hari-hari biasanya.

Cucu dari kakak kandung Fathkan Sibyan, Rafi Afiyudin mengatakan, begitu mengetahui neneknya Ummi meninggal, ia langsung datang ke rumah mereka.

Haji Fathkan terlihat sedih sembari memandangi istrinya yang sudah terbujur kaku. Rafi pun berusaha menenangkan sang kakek yang saat itu kehilangan belahan jiwanya.

"Kakek sangat kehilangan saat itu, saya berusaha menenangkannya," ujar Rafi, Sabtu (6/2/2021), sebagaimana diberitakan Tribun Jatim.

Rafi menjelaskan, setelah istri lebih dulu meninggal, Haji Fathkan berucap, kalau teman seperjuangan hidupnya telah meninggal dunia.

Dilansir Kompas.com, Haji Fathkan pun duduk di samping jenazah istrinya. Ia terlihat memandangi jenazah almarhum istrinya itu dengan lekat, tak lupa dia membaca Surat Yasin.

Namun, tidak ada yang menduga, setelah membaca surat Alquran tersebut, Haji Fathkan tak sadarkan diri.

"Setelah membacakan surat Yasin, Haji Fathkan tiba-tiba tidak sadarkan diri dan meninggal dunia seketika itu juga," ucap Rafi.

Padahal, menurut Rafi, kondisi fisik Haji Fathkan sehat. Akan tetapi, sepertinya dia sangat terpukul atas kepergian istrinya.

"Sebab, Haji Fathkan juga sempat ngomong kalau teman seperjuangan hidupnya telah meninggal dunia," terangnya.

Rafi mengatakan, Haji Fathkan dan Ummi dimakamkan dalam satu liang lahat di pemakaman kelurahan setempat.

Masih dari Tribun Jatim, semasa hidupnya, pasangan suami istri yang mempunyai usaha di bidang konveksi itu selalu bersama-sama.

Baik saat menunaikan ibadah salat di masjid maupun pergi ke tempat usahanya di Jalan Gajah Mada.

"Selalu naik motor Vespa, terlihat selalu romantis. Keduanya dimakamkan di satu liang lahat," ungkap Rafi.

Rafi menambahkan, Haji Fathkan dan Ummi memang tidak mempunyai keturunan. Namun, keduanya diberikan banyak rezeki dan usahanya juga terbilang sukses.

Saking suksesnya, keduanya juga membangun sebuah pondok dan masjid. Bahkan, menurut ulama setempat, Haji Fathkan sempat berdoa ingin meninggal dunia bersama istrinya.

"Mbah Fathkan membangun masjid dan pondok, semoga amal ibadah keduanya diterima Allah SWT dan keduanya ditempatkan di surga," terangnya.(*)


Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul; “FAKTA Pasutri Meninggal Hampir Bersamaan, Suami Tak Sadarkan Diri Setelah Baca Yasin untuk Istrinya”

LihatTutupKomentar