Warga Ramai-ramai Buru Air Rendaman Batu Meteorit untuk Pengobatan, Ahli Astronomi Ingatkan Hal Ini
Foto: Batu meteorit yang menghantam rumah warga di Lampung Tengah. Peneliti Itera Lampung memastikan batu itu adalah pecahan meteor yang masuk atmosfer bumi. (Dok Humas Itera Lampung) 

Detik Kabar - Fenomena warga yang terpengaruh dengan isu bahwa air rendaman batu meteorit memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit mendapat tanggapan ilmuwan.

Salah seorang peneliti di Observatorium Astronomi Itera Lampung (OAIL), Robiatul Muztaba menjelaskan, anggapan itu belum terbukti kebenarannya.

Malah, Robiatul mengingatkan, bahwa di dalam batu tersebut ada unsur logam yang belum diketahu apakah mengandung unsur radioaktif atau tidak.

Menurutnya, semisal logam itu mengandung radioaktif, air rendamannya tersebut justru sangat berbahaya bagi kesehatan.

"Jika mengandung radioaktif, bisa menyebabkan kanker," kata Dosen Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan Itera Lampung itu.

Untuk itu, imbau Robiatul, pihaknya meminta warga untuk tidak mempercayai anggapan soal khasiat air rendaman batu meteroit tersebut.

Seperti diketahui, sejumlah warga berkerumun di rumah Munjilah di Dusun 5 Astomulyo, Lampung Tengah, untuk mencari rendaman air batu meteorit.

"Ada warga yang bilang, batu itu direndam di akuarium, lalu air rendaman batu itu diambil, katanya berkhasiat obat," kata Kepala Dusun 5, Edi saat dihubungi, Minggu (31/1/2021).

Sementara itu, akibat isu tersebut, kerumunan warga pun terjadi di rumah Munjilah. Polisi setempat, menurut Edi, sudah meminta agar batu itu disimpan dan ditutup.

"Polisi bilang supaya tidak ada keramaian, karena masih Covid-19, supaya (batu) ditutup," papar Edi.

Sebelumnya, masyarakat dihebohkan dengan video sebuah batu meteorit yang diduga telah menghantam rumah Munjilah pada Kamis (28/1/2021) sekitar pukul 22.00 WIB.

Video berdurasi hampir 30 detik itu juga menampilkan sejumlah warga berkerumun tanpa protokol kesehatan di sebuah rumah.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ramai Diburu Warga, Air Rendaman Batu Meteorit Bisa Picu Penyakit, Ini Penjelasan Ahli"

Sumber: https://aceh.tribunnews.com/2021/01/31/warga-ramai-ramai-buru-air-rendaman-batu-meteorit-untuk-pengobatan-ahli-astronomi-ingatkan-hal-ini

LihatTutupKomentar