Petugas Pemulasaraan Jenazah COVID-19 yang Tertukar Lapor Polisi Karena Dipukul

Foto: Petugas pemulasaran COVID-19 pingsan (Foto: Tangkapan Layar)

Detik Kabar, Surabaya - Video jenazah COVID-19 tertukarsaat dimakamkan di TPU Kasin, Kota Malang, viral. Keluarga yang tidak terima sempat memukul petugas pemulasaraan jenazah COVID-19 hingga pingsan. Tindak kekerasan yang terjadi sangat disesalkan.


Koordinator Public Safety Center (PSC) 119 Kota Malang, Dhana Setiawan, mengatakan, pihaknya telah melaporkan aksi pemukulan terhadap salah satu petugas pemulasaraan jenazah, saat proses pemakaman di TPU Kasin.

"Kami sudah lapor polisi Kamis (28/1) malam kemarin," ujar Dhana kepada wartawan, Jumat (29/1/2021).

Dhana menyesalkan adanya tindak pidana kekerasan yang menimpa salah satu petugas pemulasaraan jenazah. Menurutnya, tindakan itu sudah masuk pelanggaran pidana.

"Kami sangat menyesalkan, terlepas dari yang terjadi. Tindak pidana pemukulan seharusnya tidak perlu terjadi," ungkap Dhana.

Alfa, petugas yang menjadi korban pemukulan sampai kini tengah menjalani perawatan di rumah sakit. Menurut Dhana, korban dipukuli oleh dua pelaku hingga mengakibatkan adanya luka lebam di bagian kepala.

"Korban masih di rumah sakit. Pemukulan dilakukan oleh dua orang," beber Dhana.

Polisi sendiri telah bergerak cepat merespon laporan korban sebagai petugas pemulasaraan jenazah COVID-19. Identitas pelaku pemukulan sudah terindentifikasi.

Sebelumnya video pertama berdurasi 28 detik, warga yang mengambil rekaman gambar menyatakan bahwa proses pemakaman terjadi di TPU Kasin (Kota Malang).

Si perekam juga menyebut ada salah jenazah COVID-19 yang akan dimakamkan. "Ada pemakaman COVID, salah jenazah. Jenazah sudah dimakamkan, diangkat kembali karena salah jenazah," suara dari perekam video.

Perekam lagi-lagi menyebut "Jika keluarga jenazah korban marah-marah. Petugas diam saja. Pemakaman COVID salah jenazah. Sekali lagi terjadi di TPU Kasin".

Kekeliruan itulah yang diduga memicu kemarahan anggota keluarga. Bahkan, satu petugas pemulasaraan jenazah menjadi sasaran pemukulan.

Sumber: https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5353390/petugas-pemulasaraan-jenazah-covid-19-yang-tertukar-lapor-polisi-karena-dipukul?tag_from=wpm_nhl_36

LihatTutupKomentar