Terpisah 22 Tahun, Kisah Sedih Wanita Ambon Cari Ayahnya Pria Asli Korea
 
Foto: pernikahan kedua orangtua Helmi Saputri Nurlinda Sari yang bernama Seong Kuk Kim dan Nurlina Kisah wanita yang mencari keberadaan ayahnya. Foto: Dok.pribadi Linda.

Detik Kabar - Terpisah dengan orangtua sejak kecil tentunya akan memunculkan banyak pertanyaan dan ingin bertemu kembali dengannya. Seperti kisah wanita yang sudah terpisah dengan ayahnya sejak masih berusia tiga tahun ini.

Ialah Helmi Saputri Nurlinda Sari yang mengunggah video di TikTok untuk mencari keberadaan ayahnya yang berasal dari Korea Selatan. Dalam video yang viral tersebut, wanita yang disapa Linda itu mengenakan bergo merah memperlihatkan foto sang ayah yang memakai jas hitam.

"Ini ayahku asli dari Negeri Gingseng, orangtuaku bercerai dari aku umur 3 tahun. Sejak saat itu sampai sekarang saya berumur 25 tahun belum pernah bertemu. Karena ayahku kembali ke kampung halamannya. Saya tidak tahu apakah beliau masih hidup atau sudah tiada. Saya tidak dikasih tahu siapa nama aslinya, dimana alamatnya yang saya tahu marganya Kim," tulis akun @lindasari2607.

 
@lindasari2607##brokenhome ##fyppleaseeeeee melalui tiktok semoga bisa bertemu dengan ayah😭😭♬ Bertaut - Nadin Amizah - 〆 π‰π„ππŽ π‚πˆπ“π˜ ❞ ⚔️

Hingga Senin (7/12/2020) video itu sudah ditonton lebih dari dua juta kali, mendapat 211 ribu Likes dan 3.984 komentar di TikTok. Warganet yang membanjiri kolom komentar, ada yang menyarankan Linda untuk mencari di Twitter dan ada yang mendoakan agar Linda bisa bertemu dengan ayahnya.

"Coba share di Twitter juga kak, jiwa detektif anak Twitter mendarah daging," saran akun @sistdian.

"Kakak semangat ya,kakak harus tau bahwa kamu orang hebat kamu pasti akan bertemu dengan ayahmu, semangat ya," ujar akun @Senja.

"Semoga ada jalan anda bisa bertemu dengan ayahmu nak, teruslah berdoΓ  kepada Sang Pencipta hidup & semoga doΓ mu di ijabah Allah," ucap akun @Lyyens.

"Coba ditulis hastagnya pake hangeul #ν•œκ΅­ .. Siapa tahu dari online bisa ketemu ayah. Biasanya orang Korea usia panjang umur sampai 100 tahun," saut akun @μ•Œλ¦¬μ‚¬.

Wolipop mengonfirmasi pada Helmi Saputri Nurlinda Sari atau Lindah mengenai videonya mencari ayahnya seorang pria Korea Selatan ini. Ia mengaku terkejut dan tidak menyangka jika videonya viral di TikTok.

Linda pun menuturkan jika kedua orangtuanya bercerai saat usianya masih tiga tahun. Setelah perceraian itu, ayahnya kembali ke Korea Selatan dan tak pernah menengoknya ataupun mengirimkan kabar.

"Cuman dikasih tahu kalau ayahku itu orang baik. Berpisah karena ada masalah tapi nggak dikasih tahu masalah apa. Tapi aku tahu dari almarhum nenekku kalau orangtuaku berpisah karena ayah selingkuh. Aku cuma ada foto saja, karena tahun 1999 Ambon kerusuhan datanya hilang semua," kata Linda, Senin (7/12/2020).

Linda kecil tinggal di Ambon, Maluku. Dia masih ingat betul sosok sang ayah yang kerap mengajaknya jalan-jalan.

"Aku sering diajak jalan-jalan sama ayah. Ayahku kerja di kapal kalau kapalnya berlabuh di Surabaya, aku sering diajak ibu ke Surabaya ketemu ayah," lanjutnya.

Linda mengisahkan bagaimana awal mula perkenalan ibunya dengan ayahnya yang merupakan warga negara Korea. Dulu ibunya bekerja di sebuah rumah makan. Dan sang ayah kerap datang makan di rumah makan tersebut ketika kapalnya merapat di Ambon.

"Ketemu ibuku nggak pakai pacaran langsung diajak nikah. Awalnya ibu nggak mau karena ibu dulu masih muda. Tapi karena kegigihan ayah sampai mau masuk Islam akhirnya ibu mau. Mereka menikahlah. Seetelah nikah agama mereka ke kedutaan Korea dan Indonesia setelah itu ibu diajak ke Korea, di sana mereka resepsi adat Korea," kenangnya.

Identitas ayahnya

Linda pun membagikan dokumen dari KUA tentang identitas ayahnya. Tertera nama ayahnya adalah Seong Kuk Kim, yang lahir di Seoul, 1 Januari 1964. Sang ayah menikahi ibunya pada 6 Desember 1993. Namun keduanya kemudian bercerai saat Linda berusia tiga tahun.

Setelah kedua orangtuanya berpisah, Linda tinggal bersama neneknya di Sulawesi. Sejak 1998, Linda dan keluarganya tidak pernah bertemu dan tak mendapat kabar lagi dari sang ayah.

Kini dia pun mencoba peruntungannya untuk mencari ayahnya di TikTok. Kenapa Linda sekarang memutuskan mencari ayahnya?

"Karena pengen coba, siapa tahu rezeki ketemu, banyak yang post di TikTok dan ketemu. Jadi aku coba-coba kita nggak akan pernah tahu kan kalau tidak pernah mencoba," ucapnya.

Linda mengaku dulu tidak bisa dengan mudah mencari ayahnya. Saat masih tinggal di Ambon ataupun Sulawesi, dia belum pernah mencoba menemukan ayahnya melalui bantuan kedutaan.

"Karena kedutaan kan di Jakarta sedangkan aku di Ambon dan aku bukan orang yang berada buat ke Jakarta. Di sanapun aku nggak punya kenalan siapa pun," katanya.

Linda sangat ingin bertemu ayahnya untuk bertanya hal-hal yang kerap membuatnya gundah. "Aku pengen ketemu ayah karena pengen nanya kenapa ayah nggak pernah nyari aku, apa saya tidak berarti bagi ayah? Itu pertanyaanku selama ini," kata wanita yang kini tinggal di Mojokerto, Jawa Timur bersama suami dan dua anakya. Sedangkan ibunya sendiri masih berada di Ambon.

Sumber: https://wolipop.detik.com/love/d-5285555/terpisah-22-tahun-viral-kisah-sedih-wanita-ambon-cari-ayahnya-pria-korea

LihatTutupKomentar