Pesawat Ini Sudah Mendarat, Eh Ternyata Salah Tujuan

Foto: Buddha Air. (Foto: Wikimedia Commons)

Detik Kabar, Kathmandu - Pesawat Buddha Air yang mengangkut puluhan penumpang ternyata terbang salah tujuan. Tak ayal penumpang dan maskapai pun mengalami kerugian.

Ada-ada saja nih kejadian di dunia penerbangan. Kali ini ada pesawat Buddha Air yang rupanya terbang salah tujuan. Kok bisa ya?

Dilansir dari The Independent, Sabtu (24/12/2020) peristiwa itu terjadi pada 18 Desember 2020. Saat itu, pesawat dengan nomor penerbangan U4505 bertolak dari Kathmandu, Nepal menuju Janakpur di Nepal bagian selatan.

Pesawat itu diketahui mengangkut 69 penumpang dan sempat mengalami keterlambatan penerbangan karena cuaca buruk.

Ketika pesawat sudah terbang, rupanya terjadi kesalahan manusia sehingga pesawat tersebut justru mendarat di Pokhara, Nepal Tengah.

"Ada miskomunikasi antara staf darat dan pilot. Pilot juga tidak melihat manifes penumpang," kata juru bicara Buddha Air kepada Kathmandu Post.

Kesalahan ini terjadi bermula dari penerbangan ke Pokhara yang diizinkan hingga pukul 3 sore. Buddha Air kemudian merespons dengan mengubah nomor penerbangan dan memindahkan penumpang yang akan menuju ke Janakpur.

Saat semuanya sudah siap dan disetujui, pilot Buddha Air justru tidak diberitahu tentang perubahan tersebut.

Mantan direktur jenderal otoritas penerbangan sipil Nepal, Tri Ratna Manandhar mengungkapkan insiden tersebut murni karena miskomunikasi dan bukan karena kesalahan keselamatan.

Kesalahan itu pun menyebabkan kerugian bagi penumpang dan maskapai meskipun akhirnya penumpang kembali diterbangkan ke tujuan yang sebenarnya di hari yang sama.

Kejadian serupa rupanya pernah juga dialami seorang penumpangRyanair bernama InkaFileva (30). Kala itu ia hendak terbang menuju Valencia, Spanyol tapi malah mendarat di Kiev, Ukraina.

Fileva rupanya tak menyadari bahwa ia menuju ke pintu yang salah dari Bandara Stansted. Ia juga mengaku dan tampaknya tidak ada petugas yang bertanggung jawab untuk memeriksa tiketnya.

Dirinya tertidur cukup lama setelah lepas landas dan tidak menyadari bahwa ia menuju ke negara yang salah hingga pesawat mendarat.

Soal pesawat yang terbang salah tujuan ini juga pernah terjadi pada penerbangan Ryanair. Seorang penumpang bernama Inka Fileva (30) mengatakan bahwa ia seharusnya terbang ke Valencia, Spanyol tetapi pesawat malah mendarat di Kiev, Ukraina.

Fileva tidak menyadari bahwa ia menuju ke pintu yang salah dari Bandara Stansted London. Para petugas yang bertanggung jawab memeriksa tiketnya juga tak mengingatkan kesalahannya.

Selama penerbangan, dirinya tertidur cukup lama sampai tak sadar bahwa ia menuju ke negara yang salah sampai pesawat mendarat. 

Sumber: https://travel.detik.com/travel-news/d-5309634/pesawat-ini-sudah-mendarat-eh-ternyata-salah-tujuan?tag_from=wpm_cb_lifestyle_2&utm_source=detik.com&utm_medium=referral

LihatTutupKomentar