Gawat! Banyak Ayam di Pasar Disembelih tak Sesuai Syariat, Status Jadi Bangkai, Simak Penjelasan MPU
Berita Pidie

Foto: Pedagang diajarkan cara menyembelih ayam yang benar sesuai syariat Islam di Kantor Diklat Pidie, Selasa (15/12/2020). 

Detik Kabar, SIGLI - Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Pidie mengajak pedagang untuk menyembelih ayam sesuai syariat Islam.

Ajakan ini dilandasi hasil penelusuran MPU yang masih menemukan pedagang ayam di pasar dalam menyembelih ayam ternyata belum terpenuhi rukun yang disyaratkan.

"Berjualan ayam dan menyembelih ayam pada dasarnya halal. Namun, jika salah melakukannya maka akan jadi haram," kata Ketua MPU Pidie, Tgk H Ismi A Jalil saat memberikan materi kepada pedagang ayam di Kantor Diklat Pidie, Selasa (15/12/2020).

Menurut Tgk H Ismi, ayam yang disembelih pedagang ada yang masih tidak sesuai syariat, sehingga MPU Pidie tergugah mensosialisasikan produk halal supaya tidak bermasalah.

Sebab, ungkap Ketua MPU Pidie ini, dirinya sering menemukan ayam yang dibelinya di pasar ternyata penyembelihannya tidak sesuai dengan tuntunan syariat Islam.

Ia mencontohkan, pedagang saat menyembelih ayam ada yang tidak putus urat leher atau saluran darah ayam (mareh dalam bahasa Aceh) dan saluran pernafasan (halkum dalam bahasa Aceh).

"Saya beberapa kali menemukan pedagang ayam menyembelih tidak putus ‘mareh’. Lima ekor dibeli di pasar, dua ekor ayam yang disembelih tidak putus ‘mareh’," jelasnya.

Ia menegaskan, ayam yang disembelih tidak sesuai syariat Islam tidak boleh dimakan karena telah jadi bangkai. Pedagang pun haram menjual bangkai.

“Satu kewajiban supaya penyembelihan ayam yang dilakukan pedagang menjadi halal adalah terpenuhi rukun sembelih seperti putus ‘mareh’ dan ‘halkum’,” urainya.

“Rukun lainnya yakni, yang sembelih orang Islam dan pisau harus tajam. Penyembelihan hewan juga disunnahkan membaca bismillah dan menyebut nama Allah serta menghadap kiblat,” pungkas Ketua MPU Pidie. 

Sumber: https://aceh.tribunnews.com/2020/12/15/gawat-banyak-ayam-di-pasar-disembelih-tak-sesuai-syariat-status-jadi-bangkai-simak-penjelasan-mpu

LihatTutupKomentar