Dalih 6 Kali Nikah Tak Punya Anak, Wanita Ini Culik Dua Bocah

Foto: Jumpa pers kasus penculikan dua bocah di Polres Tegal Kota, Senin (14/12/2020). Foto: Imam Suripto/detikcom

Kota Tegal - Seorang wanita ditangkap polisi karena menculik dua bocah kakak adik diKota Tegal, Jawa Tengah. Pelaku beralasan melakukan aksinya karena tidak memiliki keturunan setelah enam kali menikah.

Pelaku berinisial NM (26) warga Desa Karangasem Selatan, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang. Dia menculik dua bocah perempuan yang merupakan kakak adik masing-masing usia 8 dan 7 tahun, warga Kota Tegal.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo mengatakan, keluarga korban sudah mengenal pelaku sejak tiga tahun lalu. Pelaku awalnya datang ke rumah korban menemui nenek korban pada 7 Desember lalu. Pelaku bahkan sempat menginap dan minta dicarikan pekerjaan.

"Nenek korban sudah mengenal pelaku 3 tahun lalu. Tiba-tiba pelaku datang ke rumah nenek korban saat itu pada 7 Desember 2020 sekira pukul 17.00 dan menginap minta dicarikan pekerjaan," kata Rita kepada wartawan di kantornya, Senin (14/12/2020), dilansir detikcom.

Tiga hari menginap, tepatnya pada Kamis, 10 Desember 2020 sekira pukul 11.30 WIB, nenek korban minta tolong pelaku untuk membelikan obat gosok balsam. Karena pelaku tidak hafal lingkungan sekitar, kedua korban mengantar pelaku ke warung penjual obat gosok.

"Diantar dua korban, pelaku pergi hendak membeli obat gosok. Lama menunggu, pelaku dan kedua korban tidak muncul, tidak kembali ke rumah hingga larut malam. Atas kejadian tersebut Jumat 11 Desember 2020 nenek korban melaporkan ke Polres Tegal Kota," kata Rita.

Dari laporan pihak keluarga, Polres Tegal Kota langsung melakukan pengejaran. Dari keterangan yang diperoleh, diketahui pelaku bersama korban berada di Cirebon. Petugas kemudian langsung koordinasi dengan Polsek Pengenan Cirebon, Jawa Barat, melakukan pengecekan ciri-ciri pelaku dan korban.

"Anggota mendapat informasi, pelaku dan korban berada di Cirebon. Kemudian kami koordinasi dengan Polres setempat untuk mencocokkan ciri cirinya, dan ternyata cocok," ungkap Rita.

Selanjutnya tim Satreskrim Polres Tegal Kota melakukan penangkapan pelaku. "Pelaku ditangkap bersama dua korbannya di Cirebon," sambungnya.

Rita menyebutkan, pelaku menculik dua korban karena ingin memiliki anak. Menurut pengakuan pelaku, dia enam kali menikah namun belum dikaruniai keturunan.

"Pengin punya anak karena sudah enam kali menikah tidak memiliki keturunan," jelasnya.

Rita menambahkan, dua korban ini sehari-hari tinggal bersama neneknya. Setelah kedua orang tuanya bercerai, ibu dua anak ini berangkat ke Arab Saudi sebagai TKI.

Sementara itu akibat perbuatannya, pelaku dijerat pasal 83 jo pasal 76f Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan atau pasal 328 KUHP.

"Dalam pasal 83 yang menyebut setiap orang yang melanggar ketentuan sebagaimana yang dimaksud pasal 76 (f) dipidana paling singkat 3 tahun dan paling lama 15 tahun penjara," imbuh Rita.

Sumber: https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-5295075/dalih-6-kali-nikah-tak-punya-anak-wanita-ini-culik-dua-bocah

LihatTutupKomentar