Berniat Pancing Ikan, Mata Kail Herlin Malah Disambang Burung Elang

Foto: Seekor burung elang menyambar mata umpan pancing milik Herlin saat sedang memancing ikan di kawasan destinasi wisata Kampung Lamo, Kecamatan Pulau Banyak Barat, Kabupaten Aceh Singkil, Selasa (8/12/2020) siang.  

Detik Kabar - Cengkraman kaki elang di umpan pada mata kailnya sangat kuat. Sehingga Herlin harus berdiri tegak agar bisa menariknya ke dekat perahu. Herlin menduga, elang berbulu kombinasi warna cokelat, putih, dan hitam itu mengira lure pencil topwater miliknya merupakan ikan. Sehingga elang tersebut menyambarnya. "Begitu mata pancing berhasil aku cabut menggunakan tang, burung elang itu langsung aku lepas," tukas Herlin.

Peristiwa unik terjadi di destinasi wisata Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil. Tepatnya di kawasan Kampung Lamo, Kecamatan Pulau Banyak Barat, Selasa (8/12/2020) siang, seorang pemancing bernama Herlin, warga setempat dikejutkan oleh sambaran burung elang ke mata kailnya.

Ia pun harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk dapat menaklukan burung elang sebesar ayam jago dewasa.

Herlin menceritakan, siang itu dirinya sedang mancing dengan teknik casting (memancing dengan cara melempar umpan atau lure menggunakan joran fleksibel) di laut sekitar Kampung Lamo, Kecamatan Pulau Banyak Barat. Kemudian, sambung Herlin, ia menggulung senar untuk memainkan lure agar menghasilkan action agar menarik ikan predator memangsa umpan di mata kailnya.

Terget ikan yang diincar Herlin adalah jenis giant traveling (GT) yang oleh nelayan setempat disebut ikan gabu. "Aku pakai lure pencil top water. Aku casting di pinggi karang dari atas perahu, pas lagi lempar-lempar lure tiba-tiba burung elang datang dengan cepat menyambar mata kail," kata Herlin, kepada Serambi, Rabu (9/12/2020).

Cengkraman kaki elang di umpan pada mata kailnya sangat kuat. Sehingga Herlin harus berdiri tegak agar bisa menariknya ke dekat perahu. Herlin menduga, elang berbulu kombinasi warna cokelat, putih, dan hitam itu mengira lure pencil topwater miliknya merupakan ikan. Sehingga elang tersebut menyambarnya. "Begitu mata pancing berhasil aku cabut menggunakan tang, burung elang itu langsung aku lepas," tukas Herlin.

Destinasi wisata Kepulauan Banyak, khususnya yang masuk dalam kawasan Pulau Banyak Barat, terdapat aneka jenis burung elang pemangsa ikan. Kehadiran elang menjadi atraksi bagi para pemancing yang menggunakan teknik casting dengan umpan permukaan. Sebab, mereka sewaktu-waktu dikejutkan dengan sambaran burung elang. 

Sumber: https://aceh.tribunnews.com/amp/2020/12/10/berniat-pancing-ikan-mata-kail-herlin-malah-disambang-burung-elang

LihatTutupKomentar